8 Panduan Dasar Kerajinan dari Flanel

8 panduan dasar Kerajinan dari Flanel 8 Panduan Dasar Kerajinan dari FlanelHai gimana kabarnya? Tak terasa kita sudah memasuki pertengahan tahun 2012. Dalam suasana liburan sekolahan kali ini, saya hanya ingin merangkum beberapa materi dasar tentang kerajinan dari flanel. Namanya juga rangkuman berarti isinya adalah ringkasan dari beberapa materi kerajinan dari flanel yang sudah di bahas dalam 2 bulan terakhir.

8 Panduan Dasar tentang Kerajinan dari Flanel

To the point! Bagi yang merasa ketinggalan materi, gak usah khawatir. Dengan ringkasan ini anda akan lebih cepat memahami teori dasar tentang kerajinan dari flanel. Dan bagi yang sudah mengikuti dari materi pertama, pastinya sekarang akan semakin jelas. 8 Panduan Dasar Kerajinan dari Flanel ini sebenarnya saya ambil dari beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pemula. Dari 8 pertanyaan ini, saya kelompokkan menjadi 2 bagian: Teori Dasar Kerajinan Flanel, Alat & Bahan untuk membuat kerajinan flanel.

Teori Dasar Kerajinan dari Flanel

1. Apa Sih Kain Flanel Itu?
Ini adalah pertanyaan wajib yang paling pertama ditanyakan pemula. Wajar, semua orang akan menanyakan “kayak apa sih kain flanel itu?” Cara yang paling gampang adalah dengan memperlihatkan gambarnya dulu, lalu berikan kainnya, biar bisa dipegang dan dirasakan. Ooooo.. jadi ini tho yang namanya kain flanel.

2. Apa Aja Contoh Produk Kerajinan Kain Flanel?
Setelah mengetahui gambar dan bentuk kain flanel lalu pasti kepikiran, “Emang bisa dibikin apa aja kain flanel ini?” Kain flanel bisa untuk membuat aneka ragam kreasi kerajinan dan gampang dipadukan dengan bahan lainnya. Banyak teman kita yang malah mengetahui produknya dulu, atau membeli produk kerajinan flanel duluan, lalu baru bertanya “ini dibikin dari kain apa ya?” Tak masalah duluan ayam atau telor, yang penting telornya bisa dibikin apa dulu icon smile 8 Panduan Dasar Kerajinan dari Flanel

3. Dimana Toko Yang Menjual Kain Flanel?
Bagi yang tertarik berkreasi dan mencoba membuat sendiri pasti tambah penasaran. “Dimana sih membeli kain flanel?” Berhubung Indonesia ini luas, saya bantu mencarikan beberapa referensi toko kain flanel di Jakarta, Surabaya dan Bandung. Beda kota, beda toko, beda harga dan terkadang juga sedikit beda jenis kain flanelnya.

4. Berapa Sih Harga Kain Flanel?
Untuk 1 meter kain flanel biasanya berkisar antara 16 ribu ~ 22 ribu rupiah, bahkan ada yang menjual hingga 25 ribu rupiah. Semakin panjang jalur distribusinya maka harga kain flanelnya makin mahal. Misalnya : Harga kain flanel di Jakarta sekitar 16 ribu/meter, berhubung kain flanel di kirim ke Bali maka harganya menjadi 18 ribu/meter padahal kainnya sama persis. Lalu di Bali di distribusikan lagi ke toko kain eceran sehingga harganya pun naik menjadi 20 ribu/meter.

5. Ada Berapa Warna Kain Flanel?
Toko kain flanel yang lengkap biasanya menyediakan sekitar 40-50 warna kain flanel. Woww.. jadi silahkan pilih warna sesuai dengan bentuk dan jenis kreasi yang akan dibuat. Kalau bingung milih warnanya, pakai aja patokan mejikuhibiniu, hitam, putih dan abu.

Alat dan Bahan Kerajinan dari Flanel

6. Alat apa yang diperlukan untuk kerajinan flanel?
Bagi yang gak tahan untuk segera membuat kerajinan flanel, ayo siapkan peralatannya. Alat yang digunakan untuk membuat kerajinan flanel bisa didapatkan di toko kain, toko benang atau toko alat tulis. Contohnya: Gunting, pensil, penggaris, kertas, karton, cutter, jarum, dll

7. Bahan yang Digunakan untuk Kerajinan Flanel?
Bahanya utamanya sudah pasti kain flanel. Bahan lainnya seperti benang jahit, benang sulam, dakron, manik-manik, mote, payet, dll

8. Bahan Tambahan untuk Membuat Kerajinan Flanel
Selain bahan utama, masih diperlukan bahan tambahan seperti : gantungan kunci flanel, magnet, bando, sandal, kaos, tempelan kacan, tali, bross flanel, dll. Jenis bahan tambahan ini tergantung dari kreasi kerajinan flanel apa yang ingin dibuat.

Nah, sudah mulai ada gambaran tentang kerajinan dari flanel kan? Biar lebih plong silahkan baca satu per satu pembahasannya. Anggap aja mengisi liburan dengan kegiatan bermanfaat, sambil belajar membuat kerajinan kain flanel. Jadi gak ada lagi istilah mati gaya saat liburan ya icon smile 8 Panduan Dasar Kerajinan dari Flanel BTW: Ngapain aja Sist’ selama liburan ini?

pola kerajinan kain flanel, kreasi kain flanel untuk pemula, cara membuat aksesoris dari kain flanel, gambar kain flanel, gambar flanel, cara membuat kerajinan dari kain flanel beserta gambarnya, Aneka kerajinan kain flanel, gambar kerajinan flanel, prakarya, prakarya kain flanel, motif flanel, kreasi flanel untuk pemula, Cara membuat flanel motif, jual kain flanel motif lucu, contoh prakarya, motif kerajinan kain flanel, gambar dari kain flanel, kerajinan flanel unik, Grosir kain flanel motif, gambar prakarya, aneka kerajinan dari kain flanel dan cara membuatnya, flanel unik, kreasi dengan kain flanel, prakarya anak sd, model kain flanel, cara membuat motif kain flanel, motif kerajinan flanel, google, gambar kain fanel, motif kreasi kain flanel, toko kain online, hasil kerajinan dari kain flanel, cara berkreasi dengan kain flanel, gambar flanel terbaru, gambarflanel, www kainflanel com, artikel kain flanel, gambar kerajinan kain fanel, cara membuat gambar dari kain flanel, toko alat jahit online, prakarya flanel, Gambar motif kain flanel, gambar kerajinan dari kain fanel, contoh kerajinan yang terbuat dari kain flanel, gambar kain panel, aneka prakarya, artikel tentang kerajinan kain flanel, gambar kain planel, motif-motif kain flanel, contoh gambar prakarya

Yuk baca artikel Kerajinan Kain Flanel lainnya:

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
  1. Stephanie says:

    Sis, Kalau Tempat Pembuatan ( pabrik ) Kain Flanel itu Sendiri, dimana yaa..?

    Tengkyu Sis…:)

  2. NiDra says:

    klau bwat,lalu djwal di mana ea..?….
    u/ tmbah** uang sku skolah kan enakk…

  3. sumarni says:

    ass,,sy sdh sering mau mencoba bmembuatnya tp smp sekarang tuh sy blm bs cr jahitnya,,,,wlm bwrbagai mcm tusuk,,tp sy pingin banget bs,,,

  4. novi says:

    saya dah belajar buat tp kadang sy masih maalu buat nawarin ke temen takut ga laku.he..he.. tp liat blog ini jd semangat lagi.makash..

    • Senang mendengar Novi terinspirasi dan langsung punya keberanian utk menawarkan kreasimu ke temen2. Intinya adalah kepercayaan diri kita. kalau kita yakin produk yang kita buat dengan hati yang senang dan tulus, saya yakin pasti ada yang suka kok. Saya juga dulu spt itu dan akhirnya pelan dan pasti…. berhasil. Ayo semangat!!!

  5. Yani Afriyani says:

    trimakasih atas pelajaran dasar tentang fkreasi flanelnya… semoga usaha bisnis kecilku makin bertambah ajah dwechhh…

  6. syam says:

    klihatannya seru banget bisnisnya… do’ain aq bisa usaha sprti km, dan bisa berhasil.

  7. noldi says:

    untuk gnatunganya saya bisa dapat dimana

  8. aldhiii says:

    it’s amazing! Mahon di lengkapi lagi dengan model-model kain flanel terbaru. thanks

  9. ratna says:

    aku sekarang lagi buat kantong telor u/ cukuran anak ku nanti…
    mudah2an dgn coba2 buat itu menjadi awal bisnis ku nanti.
    amin……..

  10. vitha cyojie says:

    iestttt cantik i like it ku coba uda bisa

  11. riah says:

    kk……gmna cara membuat bros dre kain flanel
    biar jedi mudah ajariin q,,,,dunkssssss

  12. moeb elkamal says:

    saya sudah sering buat tpi cuman di pakai anak q saja, mo di jual belum pde…tlng klo ada model- model terbaru saya di ajari ya?
    ,,,,

  13. dedeh fauziah says:

    Ass,,,saya baru coba bikin bros yg gulung n berhasil. klo bikin yg jahit gto pake benang na ap sih?
    Terimakasih

  14. Dian Febri says:

    .aq udah mulai bikin, tp bingung sama model2nyaa..
    cz aq belajar otodidak, awale cm iseng doang, tp nyatanya skrg pgn tk seriusin.. :)

  15. bunda ayu says:

    alhamdulillah.. dapat banyak informasi dr blog ini… kbtln saya br sktr 1 bulanan mulai menekuni kerajinan ini , n mulai di tawarkan k bbrp teman2… alhamdulillah… ada bbrp teman yg reseller… hanya blm banyak macamnya, baru bros dgn bbrp variasi n modelnya…
    cuma semangat masih naik turun, …

  16. dian says:

    sya trtarik dngn usha dr flanel ka..
    tp sya bingung ciri” kaen flnel sprti ap?
    nyari d toko jg jrng yg jua
    gliran ad tp sya kurng yakin krna brbda dngn gmbr yg sya liat
    infonya sya tunggu ka..mkasih

  17. Cindyadinda says:

    Ass. kalo kerajinan kain flanel untuk ngambil nilai seni budaya biasanya bikin apa ya._.? minta sarannya ya ._. thankseu~ :D

  18. diana says:

    wahh…aq pengen jadi bisnis girl dgn kain flanel nih,aq jga pgn bka toko asesoris,order ke aq ya,tpi msih beberapa tahhun lagi sih?hehehe

  19. muthia deni says:

    jadi pengen bwt jg nich,
    tq blog a sangat bermanfaat.

  20. vee says:

    hai kak,aq udah coba bisnis ini 1 bulan ini.alhamdulillah lumayan peminatnya,tapi aq pengen buat yang model lain kadang masih bingung mau buat model apa,nunggu mood bagus baru buat padahal pengen buat.hehehe,masalah pemasaran jg masih bingung hehehe…

  21. mama rafa says:

    pengen sekali coba bikin, mudah mudahan bisa buat usaha sampingan. amien

  22. ifa says:

    wahhh….mkasi y,,infonya.,,.tpi qu cba bkin msih kurang kreasi nie..
    trus mau bli kain flanel jauh dri rmah,,.maklum di desa

  23. Oni Destiawati says:

    Hai…pengen coba bs mmbuat sesuatu dr kain flanel, kbtulan sy mmpunyai usaha konveksi tas, mohon infonya….yg bs sy kreasikan dr flanel, ada tmp kursus kah? Tks

  24. Mia says:

    mba, itu kreasi yg jadinya gembung2 gitu, seperti gantungan kunci misalnya, isinya pake apa sih….? trus kalau butuh pakai lem sebaiknya lem apa ya?
    terimakasih ^^

  25. Natasya_Nabila says:

    Maaf ya aku yang jawab,, itu isinya dakron, kalu menurutku lem yg baik lem UHU atau Lem tembak…

  26. Rindu Widya says:

    mau tanya, apa sekarang ada tempat pelatihan khusus untuk membuat kreasi kain flanel?

  27. cyko says:

    dimana ya bisa dpt dakronnya

  28. Evie Endang Marlina says:

    Di thn 1997 aku udah usaha kain flanel yaitu membuat nama yg di ksh pernik2. Tapi udah lama bgt gak diterusin lagi krn kesibukan ibu rumah tangga.Pengen punya kreasi yg lbh bnyk lagi.Mudah2an bisa ngelanjutin lagi ya.

  29. Iqlimah azyahrawany says:

    …q pingin pinter bikin kreasi fanel dan nnti akn q jual dengn hrga yg trjangkau tapi barngx erjamin… mudah dan unik bantu yaa

  30. atika says:

    kalau mau buat kreasi yg lebih rumit seperti tempat tisu caranya gimana ya….

  31. dewi sartika says:

    Sist, ijin copas yy buat dijadiin buku tips and trik kain flanel,,, ????????

Silahkan Komentar

Tentang Penulis

Penulis Buku Bisnis Kerajinan Flanel Sejak 2008, Damarati & Suryagiri mengelola bisnis rumahan membuat aneka kreasi kerajinan dari kain flanel di kampung seniman Ubud-Bali
Blog ini dibuat sebagai ajang curhat, berbagi cerita, pengalaman, tips, ide dan inspirasi tentang kerajinan flanel.
Semoga bermanfaat bagi komunitas pecinta kerajinan flanel di Indonesia.

Mau Beli Kado Unik?

Ada Mug, Pin, Lukisan & Grosir Flanel. Langsung aja klik gambar dibawah ini :
Bantal Flanel Kalung Flanel Gantungan Kunci Flanel lucu terbaru Bross Hiasan Flanel
Bros Flanel Boneka Flanel Souvenir Flanel Aksesoris Flanel
Gantungan Flanel Bando Flanel