Alat untuk membuat kerajinan kain flanel?

Alat membuat Kerajinan Kain Flanel Alat untuk membuat kerajinan kain flanel?Sebelum mulai berkreasi, anda membutuhkan beberapa alat dan bahan untuk membuat kerajinan kain flanel. Setelah anda tahu kain flanel, bergegas belanja ke toko kain flanel, memilih warna flanel dan membeli sesuai kebutuhan, lalu sekarang siapkan peralatannya. Mumpung sedang berada di toko flanel, sekalian aja belanja peralatan yang nanti pasti digunakan.

Alat untuk Membuat Kerajinan Kain Flanel

Sebenarnya peralatan untuk membuat kerajinan flanel sangat sederhana, mudah didapat, dan harganya pun relatif murah. Berikut ini adalah beberapa peralatan yang harus kita persiapkan.

Gunting

Ada beberapa jenis gunting yang digunakan: gunting kertas, gunting kain dan gunting zigzag. Kalau gunting kertas dan gunting kain, sudah tahu kan? Bahkan kalau sudah punya, gak usah beli lagi, biar hemat. Nah, kalau gunting Zigzag bentuknya mirip seperti gunting biasa tapi giginya berbentuk zigzag. Gunting zigzag biasanya digunakan untuk memotong bagian pinggir hiasan kain flanel agar hasilnya bergerigi alias berbentuk zigzag.

Kertas

Anda membutuhkan kertas HVS biasa untuk menggambar atau menjiplak pola. Kertas Karton biasanya berwarna coklat dan tebal digunakan untuk membuat pola.
Tips berhemat : Gunakan kertas koran, buku tulis atau majalah bekas untuk membuat pola. Gunakan kertas karton bekas kemasan makanan, kotak susu atau kotak sepatu.

Alat Tulis

Jika anda sudah punya pensil, pulpen dan penggaris, gak usah beli lagi icon razz Alat untuk membuat kerajinan kain flanel? Anda juga membutuhkan pisau cutter untuk memotong pola karton yang tebal.

Jarum

Ada beberapa jenis jarum yang digunakan untuk membuat kerajinan flanel, antara lain beberapa ukuran jarum jahit, jarum sulam dan jarum pentul.

Lem

2 jenis lem yang sering digunakan adalah lem tembak (glue gun) dan lem bening (UHU). Lem tembak bentuknya seperti pistol dan terhubung dengan listrik. Lem tembak biasanya digunakan pada saat melekatkan kain flanel dengan aksesoris berbahan besi, karet, plastik dan kayu. Dan lem bening UHU digunakan untuk merekatkan kedua bagian sisi flanel.

Alat Tambahan untuk Membuat Kerajinan Kain Flanel?

Selain alat tulis, kertas, gunting, jarum dan lem, ada beberapa alat lain yang diperlukan sesuai dengan jenis kerajinan yang ingin dibuat. Misalnya sumpit atau tusuk sate yang digunakan untuk mendorong dakron.

Baiklah, setelah mempunyai peralatan lengkap untuk membuat kerajinan kain flanel, lalu anda membutuhkan bahan-bahan lainnya. Bahan untuk membuat kerajinan dari kain flanel ini biasanya tersedia di toko kain, toko benang atau di toko alat kerajinan. Sudah tahu alat yang digunakan untuk membuat kerajinan kain flanel kan? Silahkan beli dulu ya. Alat apa lagi yang perlu ditambahkan? icon smile Alat untuk membuat kerajinan kain flanel?

kerajinan, pola kreasi kain flanel, lem untuk kain flanel, kerajinan kain felt, membuat kreasi dari kain flanel, jual flanel, Lem untuk kain, harga kain panel, toko flanel, lem kain, lem kain flanel, jual bahan flanel, cara membuat flower crown dari kain flanel, Lem untuk flanel, kerajinan felt, lem yang digunakan untuk kain flanel, cara membuat bantal lucu dari kain flanel, jenis lem untuk kain flanel, bahan panel, lem uhu untuk kain flanel, kerajinanflanel, lem kain UHU, lem perekat kain flanel, lem kain fanel, cara membuat flowercrown dari kain flanel, alat2 yang diperlukan untuk kerajinan kain flanel, lem untuk kain planel, alat2 kerajinan kain flanel, harga lem tembak dan gun nya, alat membuat kerajinan flanel, alat dan bahan untuk membuat kerajinan flanel, Lem buat kain, alat alat untuk membuat kerajinan kain flanel, alat untuk membuat kerajinan flanel, alat alat yang di gunakan untuk membuat kerajinan flanel, jual alat dan bahan kerajinan flanel, perlengkapan kerajinan flanel, lain yang digunakan untuk merekatkan kain flanel, lem untuk kain adalah, LAPORAN tentang membuat kerajinan kain flanel bantal, lem untuk kain dan plastik, lem untuk kain fanel, kreasi kain fiet, lem flanel, lem untuk kain panel, kerajinan unik dari bahan tekstil, kerajinan tangan kain flanel dan alat bahan, lem apa saja yg di gunakan untuk boneka flanel, lem untuk bahan fanel, Lem buat kain flanel

Yuk baca artikel Kerajinan Kain Flanel lainnya:

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,
  1. Fadillah Ramadhani says:

    asiikk juga buat kreasi,, kalau udah jadi,, di kumpul dehh sama kepala sekolah,, biar dapat nilai tambahan… ;)

  2. dirga says:

    halo Mas / Mbak.
    ada gak ya flanel yang tebalnya lebih dari 2mm?..
    kalau Mas / Mbak ada info,mohon saya diberi referensi tempat jual flanel tebal.
    terimakasih…

  3. sulis says:

    halo mbk,,salam kenal dr sulis..oh y mbk sy mau nanya klo d bali beli kain flanel d daerah mana y cz sy mau belajar bikin pernak pernik dr kain flanel,mks sblmnya..

  4. candriana fatmawaty says:

    okay jga tuch karya dg bahan dasar kain flanel

  5. viee says:

    apakah kaih flanel bnyk jenisna?

  6. budi says:

    wahh sip nih artikelnya … kebetulan lagi nyari2 buat anak gwe bikin kerajinan besuk lusa tugas sekolah. thanks ya …. salam

  7. Dwi Retnaningsih says:

    Pngin tw nech,di mana qt bsa blajar berkreasi dngan kain flanel,,,,

  8. anne says:

    Mbak nanya donk…jual karton tebal gt dimana ya ?karton tebal utk buat kotak kado atw kkreasi lainnya yg bs di pajang2 gt ?

  9. sulis says:

    Asslkm..setelah sy baca2 tentang krajinan dari bhan flanel,sy jd pengen ikut
    Mencobanya,tp sy bingung blnja bhan2 flanelnya dmn ?????ªª mb?? Mhn bantuanya donk mb

  10. andin says:

    wwwwwwwwwwwwwwwwiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh bagus banget deh?

  11. ifah says:

    mb… aku mo tanya, kiat pake alat lem tembak gimana ya? ko lemnya bleber keluar terus padahal belum ditekan… jd bingung tuh alat tekanannya yg ada di bgn utk memegang tuk apa… kirain sih stelah ditekan bgn tsb baru kluar… selain lem tembak ada ga mb lem yg ga mahal tp tinggal pencet spt lem uhu…
    trims ya mba

    • lem tembak dinyalakan dulu, kalo mau pakek baru di pencet tembakannya. gitu aja kok. nah biasanya kalo kepanasan dia akan bleber keluar. tipsnya cabut cuk-nya, diamkan dan lem akan jadi dingin jika memang gak dipakai.

Silahkan Komentar

Tentang Penulis

Penulis Buku Bisnis Kerajinan Flanel Sejak 2008, Damarati & Suryagiri mengelola bisnis rumahan membuat aneka kreasi kerajinan dari kain flanel di kampung seniman Ubud-Bali
Blog ini dibuat sebagai ajang curhat, berbagi cerita, pengalaman, tips, ide dan inspirasi tentang kerajinan flanel.
Semoga bermanfaat bagi komunitas pecinta kerajinan flanel di Indonesia.

Mau Beli Kado Unik?

Ada Mug, Pin, Lukisan & Grosir Flanel. Langsung aja klik gambar dibawah ini :
Bantal Flanel Kalung Flanel Gantungan Kunci Flanel lucu terbaru Bross Hiasan Flanel
Bros Flanel Boneka Flanel Souvenir Flanel Aksesoris Flanel
Gantungan Flanel Bando Flanel