Belajar Cara Membuat Tusuk Feston Yuk!

Cara Membuat Tusuk Feston Belajar Cara Membuat Tusuk Feston Yuk!Tusuk Feston adalah cara menjahit yang paling sering digunakan saat membuat aneka kerajinan dari kain flanel. Hampir semua produk kerajinan kain dari flanel menggunakan jenis tusuk feston. Bisa dikatakan bahwa tusuk feston adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin belajar membuat kerajinan flanel.

Selain Tusuk Feston, ada beberapa tusuk lain yang juga sering digunakan untuk kombinasi yaitu Tusuk Jelujur dan Tusuk Tikam Jejak. Kedua jenis tusuk ini biasanya dikombinasikan bersama tusuk feston. Jadi dengan bermodalkan 3 teknik dasar Tusuk Feston, Tusuk Jelujur dan Tusuk Tikam Jejak sudah cukup untuk mulai berkarya.

3 Langkah Cara Membuat Tusuk Feston

Langkah1 Membuat Tusuk Feston1 Belajar Cara Membuat Tusuk Feston Yuk!Untuk lebih jelasnya, mari kita ikuti langkah-langkah cara membuat tusuk feston :

Siapkan Benang dan Jarum

Pada tahap persiapan, alat dan bahan utama yang diperlukan yaitu Jarum dan Benang. Selain itu siapkan juga alat dan bahan lainnya tergantung dari jenis kreasi produk yang ingin dibuat. Misalnya kain flanel, dakron, lem, bross, magnet atau gantungan kunci.

Masukkan benang pada lubang jarum. Panjang benang disesuaikan. Setelah benang terpasang, buatlah simpul mati pada di ujung benang untuk menahan kain agar jahitan pertama tidak lepas.

Langkah2 Membuat Tusuk Feston1 Belajar Cara Membuat Tusuk Feston Yuk!

Cara Membuat Tusuk Feston

Setelah benang dan jarum siap, ayo mulai membuat tusuk feston. Gambar disamping menunjukkan sebagian hasil dari tusuk feston yang sudah dibuat, lalu kita akan mulai melanjutkan sisanya. Menjahit dengan teknik feston tidaklah begitu susah. Cukup lakukan 3 langkah dasar saja seperti instruksi berikut ini.

Langkah3 Membuat Tusuk Feston1 Belajar Cara Membuat Tusuk Feston Yuk!

Langkah 1:
Tusukkan Jarum pada kain

Tusukkan jarum pada kain flanel seperti pada gambar disamping. Jika anda baru mulai dari awal, tusukkan jarum dari bawah ke atas, sehingga posisi simpul benang berada dibagian bawah kain flanel. Lalu lanjutkan ke langkah 2.
Langkah4 Membuat Tusuk Feston1 Belajar Cara Membuat Tusuk Feston Yuk!

Langkah 2:
Tarik Jarum dan benang

Tariklah jarum yang ditusukkan tadi dan benangpun mengikutinya. Perhatikan: hal yang paling penting pada langkah kedua ini adalah posisi dari Jarum diatas benang. Lihat posisi jarum dan benang dibagian kiri atas! Disinilah kunci dari Tusuk Feston. Jika posisinya salah maka hasilnya akan berbeda.

Langkah5 Membuat Tusuk Feston1 Belajar Cara Membuat Tusuk Feston Yuk!

Langkah 3:
Perhatikan tumpukan benang

Setelah benang ditarik, perhatikan hasil akhirnya, terutama posisi tumpukan benang. Jika sudah sesuai dengan gambar disamping maka tinggal dikencangkan saja. Beres icon smile Belajar Cara Membuat Tusuk Feston Yuk! 3 tahap membuat tusuk feston sudah selesai. Lakukan ulangi ketiga langkah diatas hingga semua bagian sisi dijahit hingga selesai.

Selain 3 teknik dasar Tusuk Feston, Tusuk Jelujur dan Tusuk Tikam Jejak, ada beberapa jenis teknik tusuk hias lainnya seperti Tusuk Rol, Tusuk Batang, Tusuk Pipih dan Tusuk Rantai. Wah.. ternyata ada banyak sekali jenis tusuk yang digunakan. Keempat jenis tusuk tambahan merupakan tusuk hias yang biasanya dikombinasikan dengan tusuk dasar. Pada intinya, setiap jenis tusuk mempunyai keunggulan masing-masing dan digunakan tergantung dari keperluan.

Kata pepatah “Ala Bisa Karena Biasa” jadi semakin sering latihan maka semakin cepat hafal. Gunakan jenis tusuk sesuai dengan kebutuhan pola kreasi yang dibuat. Yang pasti tidak ada Tusuk Jelangkung iiih seram icon razz Belajar Cara Membuat Tusuk Feston Yuk! Selamat berlatih! Hati-hati tangan jangan sampai tertusuk jarum.

tusuk feston, pola kain flanel, cara membuat tusuk feston, tusuk tikam jejak, tusuk jelujur, cara tusuk feston, cara membuat tusuk tikam jejak, cara menjahit tusuk feston, tusuk pipih, cara membuat tusuk pipih, cara tusuk tikam jejak, tusuk rol, cara membuat tusuk rol, tusuk flanel, cara menjahit flanel, buku kerajinan flanel, yhs-fullyhosted_003, cara menjahit tusuk tikam jejak, teknik menjahit kain flanel, cara tusuk rol, cara membuat tusuk flanel, membuat bunga dari kain flanel, pola kreasi flanel, pola flanel lucu, cara menjahit jelujur, tutorial kerajinan kain flanel, cara menjahit tusuk rol, kerajinan menjahit, teknik tusuk feston, cara membuat kerajinan, belajar tusuk feston, cara tusuk jelujur, tusuk roll, cara menjahit feston, cara membuat tusuk rantai, cara menjahit dengan tusuk feston, tusuk feston kain flanel, tutorial tusuk tikam jejak, cara menjahit kain flanel dengan tusuk feston, cara menjahit kain flanel tusuk feston, cara membuat tusuk tangkai, cara membuat tusuk jelujur, cara membuat tusuk feston pada kain flanel, cara menjahit tikam jejak, cara jahit tusuk feston, cara jahit feston, pola menjahit kain flanel, contoh tusuk tikam jejak, pola untuk kerajinan flanel, pengertian tusuk roll

Yuk baca artikel Kerajinan Kain Flanel lainnya:

Tags: , , , , , , , , , , ,
  1. rina says:

    thaks atas ilmu yang diberikannya semoga allah membalas amal sdr/sdi,benar ilmu itu harus disampaikan tanpa mengharap imbalan ok…ok?????????

  2. Lathif Nurdiansyah says:

    tolongin ajarin saya dong pak bu :D
    saya pengen belajar jadi wirausahawan nih buat ngebahagiain orang tua saya… walaupun saya masih kelas 2 SMK :D
    dan saya juga padahal ga jago berkreasi… tapii apa salahnya kan kalo saya mencoba ini.. hehehehe

  3. lia says:

    klw bentuk angry birds bgmn y tlg bntu y

  4. fitri says:

    biasanya kl gantungan kunci tengahnya menggelembung,tengahnya diisi apa ya?

  5. Erl says:

    Klo bntuk ky binatang” yg lucu gmn y..bingung g bs nggambar..,tlng ajarn dunh..:-)

  6. Fadillah Ramadhani says:

    aku lagi pengen buat Toples dari kain flanel,, tapi gimana caranya ??
    Pa/Bu baeritahu aku caranya ya… :)

  7. rollis says:

    kalau pakai mesin jahit, mesin jahit apa yg bs tusuk feston ya?. kalau untuk objek 3D, apakah flanel bisa diterapkan. mohon pencerahannya

  8. Nur'a says:

    Pak/Bu, Tolong diajarin cara buat berbagai macam bentuk donk..Saya ingin menunjukkan ke orang2 di sekitar bahwa yang saya kerjakan itu tidak sia2. Soalnya saya kalau membuat itu sering gak beraturan. Tolong diajarin yaa… :D

  9. zhahira.fadhila says:

    wah kreasinya keren keren ya bisa coba nie
    asyik!!!!

  10. Putri.nova says:

    pa bu, benangnya menggunakan benang apa ya?, dan jarumnya yg ukurn brp?.

  11. fatimah qeis says:

    seneng baca blog ini, isinya bermanfaat banget, kalimatnya ringan, ngga bosenin & kadang buat ketawa sendiri; saluuut!!!
    saya sedang punya plan untuk buat usaha kain flanel jg, boseen banget jd karyawan hehehehe….jd bakal sering2 mampir ke sini buat nyari ide. Makasi ilmunya yaa…

    • hehe.. sama2 sis fatimah. saya masih sedang belajar menulis yang ringan-ringan saja. dari pengalaman pribadi dengan keseharian saya setiap hari berteman dengan gunting, jarum, benang, kain flanel. blog ini curhat beneran :-)

  12. fifi says:

    Wah?! Lengkap nih berbagi ilmunya…dan gak pelit bagi2 ilmunya. Patut dicoba…makasih mbak dan mas…

  13. dina afifah putri says:

    Trims ya, ini juga bisa jadi usaha :)

  14. hilwa fitri says:

    wahh keren banget.. cara membuat nya sangat mudah dan simple tapi hasil nyaa
    WOW gak ada duanyaaa, thanks atas ilmunyaaa…^-^

  15. yulie says:

    Mksie bnyak kk ilmunya. Sangat brmanfaat lo.
    Sya jga buat kreasi dri flanel Tpi blum brkmbang msi dri mlut k mlut
    Untuk ucpan trm ksih org psta aja Rncna ny sya kmbg kn buat bros
    Kra2 skrg Co2k ny model gmn kk? Mksi kk

  16. retta says:

    sis.lem dan benang yg di pake apa y namanya?trims

  17. Ardisa Tionita says:

    Kalau mau membuat bentuk lain… Bisa tolong tampilkan cara ny ..
    Mohon bantuannya… Terima Kasih…

  18. Dyah Ananda says:

    Trims info nya sis tapi bisa dicontohkan g model tusuk yang laennya, klw yg ini udah paham.. :)

  19. fitri jhonny says:

    klo ngeliat kayaknya gampang ya?tp klo praktek agak ribet buu..cos aq menyadari kurang konsen dan gak telaten..tp begitu dicoba ulang ternyata gampang kok,,heheeee

  20. Ida says:

    Q udah bikin beberapa macam bentuk dr kain fanel dan hasilnya lumayan trs q pengen usaha berbisnis tpi bagaimana caranya yach?? Bisa kasih saran ga???

  21. Poppy says:

    Betul banget, saya juga sudah bosan jadi karyawan, pengennya punya karyawan. lagi cari cari referensi siy buat belajar cara membuat pola yang kita inginkan dan gimana cara menjahitnya.

  22. dik ary says:

    bu/pak, saya masih kelas 2 smp, dan udah di ajarin cara buatnya. Sy mau nanya nih
    misal kita mau bikin lambang fb, nah 2 lembar flanelnya kan disatuin, trus kan hampir semuanya udah, trus sy balek hadepnya (dalem jadi luar, luar jadi dalem) trus pasang gantungan kuncinya, trus isi dakron.
    Nah kan masih ada sisa tuh, jahitnya dengan cara apa supaya bagus ????

  23. dik ary says:

    oooh terima kasih bu/pak
    saya akan mencobanya.

  24. dik ary says:

    tapi bu/pak, saya liat di iklannya yang paket facebook 75.000 koq gak keliatan bekas tusuk festonnya ?

  25. ucy says:

    klo mau belanja kain flanel melalui internet gimana???

  26. mas Hans says:

    buuaguust bgt lah artikelnya……….
    boleh di coba idenya….

  27. farras oca says:

    sangat bermamfaat semoga lebih sukses lagi, amin

  28. ana says:

    Bermanfaat banget infonya…
    Untuk pembelian gantungan kunci atau peniti (pengait untuk bros) biasanya beli dmn ya?
    Untuk hasil gantungan kunci biasanya di bandrol hrga brp ke konsumen?
    Thx

    • Gantungan kunci dan peniti bros biasa dijual di toko alat jahit. utk perhitungan harga dihitung berdasarkan harga bahannya + ongkos kerja + kemasan. dan yang paling penting adalah kwalitas hasil akhirnya.

  29. dida says:

    ini pake jarum nomor brp ya? jarum jahitkan? kok hasil jaitan saya beras bgt ya?

  30. Afi says:

    Thanks sist,, infonya oke bgd..
    Jadi pngen belajar jg :)

  31. wina says:

    wahh infox sngat brmanfaat bget…oh ya mw tnya nie klw bli dakron dmna ya tmpatx….

  32. aiz says:

    menyediakan kain flanel dan peralatan nya tdk ya sist???soalnya saya pingin bgt buat pernak-pernik kain flanel ini

  33. Johannes says:

    Wah, ini ide bagus juga. Tapi kalau saya ikut bikin apa gak luvu ya ?
    Kan biasanya ibu2 yang bikin.

  34. egha amalia says:

    wah saya jadi tertarik nih bu/pak..
    saya pgn bisinis rmhan kyi gni..
    handmade,soalny sya sneng sm kerajinan…
    tp blm tau cara praktekny,n bhanny apa aja n apa aja yg biasa dbuat kerajinan dr bhan kain flanel..
    hehe mksh..

  35. renny handayani says:

    terima kasih info nya mba, pas banget aku pengen belajar bikin kreasi dari kain flanel tapi ga bisa menjahit yang sampe ahli hehheheee….

  36. aulia says:

    Assalamualaikum…..
    Saya mau tanya gimana saya mau mengembangkan kreasi tangan saya sedangkan saya modal tak ada,kan sia sia kreasi saya tdk ada pengembangan nya

  37. kholimah says:

    coba dulu ah…….
    thank gan buat postinganya, bermanfaat banget :)

  38. yenny amelia says:

    Sist, ini Pake benang jenis aPa ya?

  39. tata says:

    caranya untuk masukin gantungan kuncike boneka nya gimana ya

  40. Bu Budi says:

    selain benang sulam/biasa,blhkah dgn benang wool,selain dakron apalg yg bisa d buat isian,mhn jwbannya,Trims

  41. fayza angelica says:

    Makasih ya bu’ dah dikasih infonya….kami d suruh buat prakarya..alhamdulillah q dah tau mau buat apa!!!makasih buat infonya ya!!!

  42. Rama Adi Saputra says:

    Bapak atau ibu kreasi ini sangat bagus semoga kreasi ini bsa membuat orang terus bsa berkarya

  43. yustia rifka says:

    jdi tau’ nih, makasih..

  44. azizah says:

    waah . . tutorial cara membuat tusuk feston nya sangat membantu . . ‘ terima kasih yaa, udah berbagi ilmu , sangat berguna :-)

  45. nisa says:

    wahh… mkacih bangetz mb’ . akhirx aq bisa jga :)

  46. achmad muspiq says:

    Saya juga lagi merintis kerajinan flanel , dengan adanya info seperti ini , wawasan saya menjadi semakin luas . Trims :)

  47. achmad muspiq says:

    Mudah mudahan dengan menekuni kreatif kain flanel ini , bisa menjadi keuntungan yg memuaskan .. Tetap semangat , dan terus berkarya .. Terima kasih :)

  48. mursidah non says:

    makasih tutor’y,,,bermanfaat bgt,klo da/jual pola sy mw donk,,,coz lg mrintis dbidang ini,,,biar tmbah bnyk koleksi sy,,,

  49. latifah says:

    Wah ,ak mau coba ahh
    Trimakash ya atas idenya

Silahkan Komentar

Tentang Penulis

Penulis Buku Bisnis Kerajinan Flanel Sejak 2008, Damarati & Suryagiri mengelola bisnis rumahan membuat aneka kreasi kerajinan dari kain flanel di kampung seniman Ubud-Bali
Blog ini dibuat sebagai ajang curhat, berbagi cerita, pengalaman, tips, ide dan inspirasi tentang kerajinan flanel.
Semoga bermanfaat bagi komunitas pecinta kerajinan flanel di Indonesia.

Mau Beli Kado Unik?

Ada Mug, Pin, Lukisan & Grosir Flanel. Langsung aja klik gambar dibawah ini :
Bantal Flanel Kalung Flanel Gantungan Kunci Flanel lucu terbaru Bross Hiasan Flanel
Bros Flanel Boneka Flanel Souvenir Flanel Aksesoris Flanel
Gantungan Flanel Bando Flanel