Berapa Sih Harga Kain Flanel?

Harga Kreasi Kerajinan Kain Flanel Berapa Sih Harga Kain Flanel?

Cerita tentang harga kain flanel

Aku masih penasaran dengan harga kain flanel di kotaku. Pagi ini aku sudah selesai berdandan dan bersiap-siap untuk shopping. Oh indahnya icon smile Berapa Sih Harga Kain Flanel? eeit bukan ke mall, tapi ke toko kain. Ah gak masalah yang penting tetep aja belanja. Perjalanan dari rumah menuju toko kain flanel kurang lebih 1 jam. Maklum aku tinggal bukan di daerah perkotaan, jadi lumayan jauh untuk membeli kain flanel. Anggap aja sekalian refreshing membeli kebutuhan toko kerajinan flanelku.

Ketika sampai ke toko kain flanel, seorang pelayan toko menyambutku dengan ramah.
“Pagi Bu, Ada yang bisa dibantu? Mau beli apa?”

Mataku jelalatan mencari gulungan kain flanel yang biasanya dipajang di depan toko.
“Ada kain flanel?” tanyaku singkat.
“Oo.. Ada Bu, mau cari warna apa?” Pelayan menyodorkanku daftar warna kain flanel.

Aku mulai kebingungan memilih lebih dari 40 warna yang tersedia. Rasanya seperti disuruh menjawab soal saat dibangku sekolah dulu. Syukurnya aku tidak buta warna. Aku perhatikan ada 5 jenis warna merah, 4 jenis warna biru, 6 jenis warna kuning, dan masih banyak lagi warna lain yang sangat mirip. Senang rasanya memilih dan membayangkan kreasi flanel apa yang akan aku buat nanti.

“Nanti silahkan tulis aja kodenya Bu, dan berapa meter yang diperlukan.”
Suara pelayan mengagetkanku. Aku tak sadar kalau si pelayan toko menungguku sambil menyerahkan secarik kertas dan pulpen.

Sambil memilih warna, pembeli disebelahku bertanya tentang ukuran kain flanel. Ditangannya ada beberapa lembar kain flanel dengan warna beragam. Dari obrolannya dengan pelayan toko, aku baru tahu bahwa toko ini juga menjual kain flanel dengan ukuran kecil. Ukuran standar yang biasa aku beli untuk 1 meter kain flanel 1m x 96cm, tidak pas 1 meter persegi. Dari kain flanel meteran itu ternyata dibagi lagi menjadi beberapa ukuran kecil. Ada yang dibagi dua (100 x 48 cm), dibagi empat (50 x 48 cm), dan dibagi delapan (25 x 24 cm).

Nah otak dagangku mulai berhitung dengan perkalian meteran. Untuk sekedar hobi memang lebih praktis membeli lembaran kecil dengan banyak warna. Ah… akupun bergegas menyerahkan kode warna dan ukuran flanel yang aku inginkan. Tak lama kemudian pelayan toko menyerahkan satu kresek besar kepadaku, “ini kain flanelnya Bu, silahkan bayar di kasir”.

Hei… Sist’ yang pasti kita tidak sedang membaca novel tentang kain flanel, hehehe… icon biggrin Berapa Sih Harga Kain Flanel?

Cara menghitung harga kain flanel

Yuk kita belajar menghitung harga kain flanel lembaran. Harga satu meter kain flanel untuk kwalitas standar berkisar antara 17 ribu hingga 25 ribu/meter. Beda toko, beda kota, beda harga. Harga kain flanel tergantung dari jenis dan kwalitas yang ditawarkan tiap toko kain flanel. Anggap saja kita dapat harga sekitar 20 ribu/meter. Perhitungan jika kita membeli kain flanel lembaran misalnya, ukuran 100 x 48 cm seharga 10 ribu, 50 x 48 cm sekitar 6 ribu, dan 25 x 24 cm sekitar 3 ribu rupiah. Gak terlalu mahal kan?

Berapa sih harga kain flanel di kotamu?

Oh ya… jangan lupa Sist, jika kita membeli kain flanel, jangan sungkan-sungkan untuk meminta tabel warnanya. Atau jika kita sudah membeli semua warna kain flanel yang tersedia, bisa dipotong sendiri dirumah dan sesuaikan kode warnanya. Jika kehabisan kain flanel warna tertentu, cukup menelpon ketersediaan warnanya di toko tersebut. Gampangkan? Daripada bolak-balik ke toko flanel tapi stok warnanya habis, capek deh…! Nah, sudah lengkapkah koleksi warna kain flanelnya? Berapa sih harga kain flanel di kotamu?

harga kain flanel, harga kain flanel per meter, harga kain fanel, berapa harga kain flanel, harga kain flanel permeter, harga kain planel, harga kain flanel murah, bahan flanel, harga bahan flanel, tempat beli kain flanel, harga kain flannel, harga kain flanel di pasaran, harga kain flanel motif, harga kain flanel 2014, ukuran kain flanel, harga kain felt, harga kain planel permeter, harga kain flanel meteran, daftar harga kain flanel, harga per meter kain flanel, kain flanel harga, kain flanell, dimana membeli kain flanel, harga flanel, harga bahan flanel per meter, tempat jual kain flanel meteran, harga permeter kain flanel, harga kain fanel per meter, harga 1 meter kain flanel, jual flanel motif di batam, jual beli fanel, jual baju flanel, hrga kain flanel, harga semeter kain flanel di pasar, harga sebuah kain fanel, toko kain flanel di karawang, harga pasaran kain flanel per meter, Harga kain planel berapa?, jual flanel murah karawang, jual kain flanel 2014, jual kain flanel murah di solo, penjual bahan kain baju flanel, Planel mahal, Pusat harga kain flanel, tempat membeli kain flannel, tempat penjualan kain flanel, toko kain flanel di denpasar, toko kain meteran di bali, toko penjual bahan fanel, toko penjual kain flanel di solo

Yuk baca artikel Kerajinan Kain Flanel lainnya:

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
  1. annisa arrosyidah says:

    mau pesan kain flanel ny gimana sih??

    • Untuk menjaga kenyamanan, mohon maaf utk sementara di website ini hanya utk belajar dan berbagi informasi, tidak ada transaksi jual beli langsung :-)
      sekedar menambahkan info, Jika membeli kain flanel secara online, perhitungkan juga ongkos pengiriman-nya (berat atau volume)
      Jika harga flanel per meter 17rb dgn berat 100gr, memuat 10mtr kain flanel. Misalnya Ongkir 20 ribu/kg, maka total= 170+20 = 190ribu
      Jadi harga per meter kain flanel menjadi 19rb/mtr = lebih mahal 2 ribu. Semoga membantu.
      Btw: saya akan informasikan jika ada yang menjual kain flanel online ya annisa ….

  2. Luluk says:

    Klo di tempatku (Blitar) kemaren aku beli 1 meter Rp 16.000, mbak. Perlembar kecil ukuran 23.5cm x 24cm harganya Rp 1.000, baru 2 toko sih, blom coba survey di tempat yg lainnya… :)

    • Waaaah… ternyata harga kain flanel di Blitar (Jawa Timur) juga 16 ribuan ya. Ayo yang berada di sekitar Blitar, ada mbak Luluk yang nemenin blanja tuh :-)
      Kain flanel ukuran kecil-nya juga cuma seribuan, kan emang 1/16. Sip deh… mari berkarya mumpung bahan baku masih tetap murah meriah

  3. ryza says:

    Mba/mas,,aq srg bikin krajinan dr flanel..tp q bingung,ap ad buku panduan buat model2′y yg bs d’tiru..? Yar ga susah2 download dlu..

    • Hai Ryza, Sebenarnya ada banyak buku kerajinan flanel terbitan lokal. Dan semakin banyak juga yang baru terbit dalam 3 tahu terakhir ini. Saya juga awalnya dulu belajar sendiri cara membuat kerajinan flanel dengan membeli buku2 itu. Ada sekitar lebih dari 30 buku dengan kisaran harga sekitar 25-50 ribu, dari banyak pengarang dan penerbit. Jadi coba deh cari di toko buku di kotamu, biasanya ada di bagian HOBI.

  4. syifa says:

    di jakrta 1 meter 13.500 mbak… ada juga yang 14.500…

  5. sietha says:

    makasi mbak info nya,saya pengen banget belajar kerajinan kain flanel,
    o y mbag syifa jual kain flanel onlin e jakarta ada nggk terus 1meter berapa cm,trims
    buat mbak damarati thank info nya

  6. laras.. says:

    ass mbag.. kain flanel d’tempatku surabaya dengan ukuran 20 x 20 da yang 1500 mpe 2000 mbag…
    tp q blum pernah sii beli yang metern.. soalnya masii mulai usha kecil”n..baru jual di sekolahnya tetangga..
    tapi seru juga mbag..bisa buat beli es untungnya..hhehehe. salam kenal y mbag

  7. Heri rusadi says:

    Mbak dikotaku riau harga nya 18 ribu/meter.
    O ya mbak mau tanya, jika ingin membuat replika kue cake itu ada media untuk membentuk nya ya ?

  8. yanto nugraha says:

    bingung nih,,ada tugas dari sekolah,,suruh buat kerajinan dari kain flanel,,

    tapi,gg tau harga nya,soal nya bakalan ada banyak warna,,terus gg tau cara bikinnya,,

    jadi,mohon bantuannya??

  9. Mely says:

    Di batam harga kain flanel 35rb/meter,

  10. nie wulan says:

    Sist, kebetulan saya domisili di denpasar..
    Kalo boleh tau, beli kain flanelnya di toko apa ya? Jalan apa?
    Sya bingung nyari kainnya dsini…

  11. AHMAD SYAEFUDIN says:

    saya juga ingn tuh bisnis kya gitu buat tambahan biaya kkuliyah ada rencana sih tpi kga tau jga bsa kga yah soalnya blm prnh bljr jga tuh

  12. Yani says:

    terima kasih infonya, sangat bermanfaat^^

    di tempatku (kreo) ukuran kira-kira 1×1 seharga Rp 11.000,- ..

  13. sochif says:

    Asslm.. salam kenal.. Istri ku mulai belajar buat bross dari kain flanel. kalau di bintan kep.riau dimana ya yang harga kain flanelnya murah?? trims sebelumnya

  14. ari rahmawati says:

    bermanfaat sekali infonya. Kalo di solo kain flanel polos 13000/m,kalo yg motif 20rb/m. Alhmdllh saat ini lg usaha kcil2an,buat bros n gantungan knci,lmyn bwt bliin bedak babyq,.

  15. wantie says:

    kain flanel yg bagus tu cirinya gmn y mbak?ni lg semangat pengen belajar bikin kerajinan flanel mbak..hehe..

  16. annisa prihandini says:

    seneng banget bisa ketemu dengan blog bapak n ibu..saya baru belajar dg segala sesuatu tentang kain flanel, ingin belajar bisnis…sebagai pemula saya sangat terbantu, mohon bantuanya jika ada yang tidak saya pahami dengan kain flanel.terima kasih banyak..semoga saya bisa meraih sukses seperti anda.

  17. Rini says:

    mohon petunjuk toko dibekasi yang menjual perlengkapan kerajinan kain panel tsb

  18. sri muryani says:

    tmpatku 2500,, mahal gag sihh,, iri, tmenku cuma 1500 perak ,, kmungkinan yang ukuran 25×24

  19. Nelizh says:

    Wahh,.. Kya ea seru,.. Jd pngn nyoba,.

  20. murnymurni@yahoo.co.id says:

    wah teryata murah juga ya kain flanel.seru tu mba pegen nyoba juga ni …

  21. Teguh says:

    kebetulan d tempat sy kain flanel KW 1 16.000/m,,KW 2 14.750 KW 3 13.500 tp yg terakhir tidak kami pakai..kebanyakan di toko2 kl yg dijual hrg 15rb sd 16 itu yg KW 2 alias kainnya halus tp mudah ‘mbrudul’ kl org jawa bilang..

  22. Ana says:

    Aq jdi pngen bljar jga, soalx kain kyknya bgus deh

  23. reanita says:

    sekedar share saja sist, kemarin di jogja barusan beli dpt harga Rp. 22.000 per meter nya dan di offline shopnya pasarannya emg segitu sih dan kualitasnya yang bagus. apa karena dollar naik trus bahan flanel juga ikutan naik ya?

  24. Chairul Anwar says:

    hai.. maaf nih.. hehehe aku lagi suka sama kerajinan flanel.. ya walaupun aku cowo tapi pengen lebih nambah ilmu soal bginian hahaha.. awalnya sih males ya ngerjainnya apa lagi masalah ngejait kain.. tapi karna awalnya tuntutan tugas sekolah jadi cinta deh sama yang berhubungan sama flanel.. mohon bimbingannya..^^

Silahkan Komentar

Tentang Penulis

Penulis Buku Bisnis Kerajinan Flanel Sejak 2008, Damarati & Suryagiri mengelola bisnis rumahan membuat aneka kreasi kerajinan dari kain flanel di kampung seniman Ubud-Bali
Blog ini dibuat sebagai ajang curhat, berbagi cerita, pengalaman, tips, ide dan inspirasi tentang kerajinan flanel.
Semoga bermanfaat bagi komunitas pecinta kerajinan flanel di Indonesia.

Mau Beli Kado Unik?

Ada Mug, Pin, Lukisan & Grosir Flanel. Langsung aja klik gambar dibawah ini :
Bantal Flanel Kalung Flanel Gantungan Kunci Flanel lucu terbaru Bross Hiasan Flanel
Bros Flanel Boneka Flanel Souvenir Flanel Aksesoris Flanel
Gantungan Flanel Bando Flanel