Cara Membuat Bros Flanel Bunga

Cara Membuat Bros Bunga Flanel Cara Membuat Bros Flanel BungaHai Sis’, hari ini kita belajar cara membuat bros flanel yuk! Setelah minggu lalu kita membahas cara membuat gantungan kunci flanel bintang, sambil menunggu waktunya buka puasa, mari berkreasi belajar cara membuat bross flanel Bunga.

Sebenarnya banyak sekali permintaan untuk membuat tutorial jenis kreasi flanel lainnya, tapi sabar ya Sis’, kita coba dulu membuat bros bunga flanel yang sederhana. Dibilang sederhana karena memang bentuk pola flanelnya sangat sederhana, bergaya bunga anak-anak. Walaupun simple tapi sangat cocok untuk disematkan di jilbab si kecil saat lebaran nanti lho icon wink Cara Membuat Bros Flanel Bunga Apalagi jika dibuatkan beberapa warna dengan ekspresi yang berbeda.

Cara Membuat Bros Flanel

Sebenarnya teknik dan cara membuat bros flanel kali ini tidak jauh berbeda dengan cara membuat gantungan kunci flanel sebelumnya. Hal ini sengaja dilakukan agar teman-teman pemula bisa mengikuti dengan perlahan dan pasti. Yang membedakannya adalah alat dan bahan tambahannya saja. Untuk membuat gantungan kunci flanel bintang, kita menggunakan gantungan kunci besi sedangkan untuk bross flanel menggunakan Bross Peniti. Lalu untuk melekatkan peniti ke kain flanel, kita menggunakan lem tembak. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat beberapa artikel lainnya tentang alat dan bahan kerajinan flanel. BTW, Thanks untuk Grosir Gantungan Kunci Flanel dan toko flanel ijolumut yang telah membantu membuat tutorial ini.

Persiapan Cara Membuat Bros Flanel

1. Siapkan Alat & Bahan Flanel
Sebelum mulai pastikan anda sudah punya alat, bahan, pola dan tahu teknik tusuk feston.
Alat Bahan Cara Membuat Bross Flanel Cara Membuat Bros Flanel BungaAlat :
- Bros peniti besi  & Gunting kain
- Jarum jahit & jarum pentul
- Lem Bening & lem tembak (glue gun)
- Pola flanel Bunga
Bahan :
- Kain flanel merah & putih
- Benang sulam hitam, benang jahit hitam & merah
- Dakron secukupnya

Langkah-Langkah Cara Membuat Bros Flanel Bunga

2. Pola Kerajinan Flanel
Cara Membuat Pola Bross Flanel Cara Membuat Bros Flanel BungaSetelah alat dan bahan flanel siap, ayo kita mulai cara membuat bross flanel. Oh ya, pastikan dulu anda sudah membuat pola flanel berbentuk bunga.
- Ambil pola flanel bunga dan kain flanel merah
- Tumpuk kain flanel merah menjadi dua tumpukan
- Sematkan jarum pentul untuk memegang pola & kain
- Guntinglah kain flanel sesuai pola bross flanel bunga
- Lepaskan jarum pentul dari pola flanel
Hasilnya adalah dua buah bentuk flanel bunga merah sesuai pola flanelnya.

3. Ekspresi Boneka Flanel
Selanjutnya kita akan membuat mata dan ekspresinya.
Cara Membuat Bross Flanel Boneka Cara Membuat Bros Flanel Bunga- Ambil kain flanel putih
- Buatlah lingkaran untuk bagian wajah
- Siapkan jarum dan benang sulam hitam
- Buat ekspresi seperti gambar flanel disamping
- Ambil satu sisi flanel bunga merah
- Siapkan lem bening (UHU)
- Tempelkan bagian belakang wajah ke bunga
Hasilnya adalah satu sisi wajah bunga merah dengan ekspresi wajah tersenyum. Silahkan buat ekpresi wajah lainnya sesuka hati anda.


4. Masukkan Dakron & Tusuk Feston

Sebelum memasukkan dakron, jahitlah bagian pinggir dengan tusuk feston dan sisakan sedikit lubang untuk memasukkan dakron.
Cara Membuat Bros Flanel Cara Membuat Bros Flanel Bunga- Pastikan lubang tempat dakron cukup leluasa
- Masukkan dakron sedikit demi sedikit
- Pastikan ujung-ujung bintang terisi penuh
- Gunakan alat bantu tusuk sate/sumpit
- Sesuaikan banyak dakron dengan bentuknya
- Tutup lubang dakron dengan tusuk feston
Horeee… akhirnya boneka flanel berbentuk bunga sudah selesai icon biggrin Cara Membuat Bros Flanel Bunga
Eh.. tapi ada yang ketinggalan nih.


5. Cara memasang Bros pada kain flanel

Proses terakhir adalah memasang bros di bagian belakang boneka flanel bunga ini.
Cara Membuat Bros Kain Flanel Cara Membuat Bros Flanel Bunga- Siapkan lem tembak
- Pasang colokan dan tunggu sampai panas
- Siapkan bros peniti besi
- Ambil boneka flanel bunga
- Gunakan lem tembak di bagian belakang
- Tembakkan lem yang meleleh secukupnya
- Taruh lem lalu ambil bross peniti besi
- Lekatkan bros dan tahan beberapa saat
- Biarkan lem mengering
- BERES icon biggrin Cara Membuat Bros Flanel Bunga

6. Kemasan Kerajinan Flanel
Membuat Bross Flanel Bunga Cara Membuat Bros Flanel BungaNah setelah bros flanel bunga selesai, tinggal dimasukkan ke dalam kemasan plastik mika, lalu ditambahkan tag kemasan dan siap jual icon wink Cara Membuat Bros Flanel Bunga Kalau mau dipakai langsung, asik juga tuh. Bikin beberapa jenis warna dan ekpresi wajah yang berbeda.

Gimana, Cara membuat bros flanel Bunga itu gampang kan? Jangan lupa tunggu beberapa tutorial cara membuat kerajinan dari kain flanel selanjutnya ya. Hayooo.. mau bikin kreasi apa lagi?

cara membuat bros, cara membuat bros bunga dari kain flanel, bros dari kain flanel, cara membuat bunga dari kain flanel, bros kain flanel, Bros flanel, cara membuat bros flanel, membuat bros dari kain flanel, cara membuat bross dari kain flanel, cara membuat bros dari kain flanel terbaru, kreasi bros dari kain flanel, cara membuat bros dari flanel, bros flanel terbaru, cara membuat boneka flanel, cara buat bros, cara membuat bros dari kain flanel bentuk bunga, aneka kreasi dari kain flanel, bross flanel, bros dari flanel, cara membuat bross, cara membuat bros dari kain, kreasi bros flanel, yhs-mystartdefault, kreasi kain flanel bros, kreasi bros kain flanel, cara membuat bros dari kain flanel lucu, cara membuat bros kain, bros bunga flanel, cara membuat bunga dari flanel, bros bunga dari kain flanel, cara membuat bros jilbab dari kain flanel, contoh bros dari kain flanel, cara membuat bros dari kain panel, kerajinan bros dari kain flanel, tutorial bros flanel, cara membuat keterampilan dari kain flanel, cara membuat bros bunga flanel, cara bikin bros dari kain flanel, boneka dari kain flanel, kreasi bros, cara membuat bros flanel lucu, cara membuat bros bunga, cara buat bros flanel, cara membuat kerajinan dari flanel, pola boneka dari kain flanel, cara membuat pola boneka dari kain flanel, membuat boneka dari kain flanel, cara membuat bros flanel bunga, bunga kain flanel, cara membuat bunga dari kain

Yuk baca artikel Kerajinan Kain Flanel lainnya:

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,
  1. ditha says:

    kresi kain flanel menarik juga apalagi setelah membaca kisah anak kelas 1 sd yang bernama galang,,, jadi kepikiran ikutin jejak si galang tapi sayang saya orangnya kurang kreatiff,,, ga terlalu kreatif kalo ikutin jejak galang kira kira bisa menarik pembeli ga ya???

    • Hai sis Ditha salam kenal ya :-)
      Wah ternyata udah baca kisah si Galang ya hehehe.. Semoga bisa terinspirasi dari si jagoan neon saya. Ah anak kecil aja bisa, Ditha pasti lebih jago deh!
      Btw, pada dasarnya semua orang itu kreatif, cuman tidak semua percaya diri kalo dirinya kreatif.
      Menurut apa yang pernah saya alami, Malahan si Pembeli yang tertarik duluan saat melihat nge-jreng dan uniknya kreasi flanel itu.
      iddiiiihhh… bikin Gemes, lutuuunaaa… , akhirnya beli deh.
      Satu hal yg perlu diperhatian, sis Ditha juga harus benar2 suka & cinta “beneran” dengan kreasi flanel :-) lalu biarkan mengalir, cieeee…

  2. monica says:

    he…he…sekarang aq udach bisa buat kerajinan kain flanel nich dan kerajinan qhu aq jual ke teman-teman dech,lumayan juga hasil nya ya……………..

    SESUATU

    • Siiiiip lah, seneng bgt denger Monica akhirnya terinspirasi dan bener2 berkreasi dgn flanel. Gak sia2 sy bikin blog ini dong hehe.. :-D biar makin banyak anak muda yg kreatif serta berani belajar berwirausaha sejak dini. targetnya bisa beli pulasa sendiri, bisa beli buku sendiri atau bayar sekolah sendiri heheh.. Lanjutkaaaan berkreasi ya

  3. Alex Silalahi says:

    telah membantu untuk mengerjakan pr deni budaya
    THANKS

  4. serly says:

    wah bagus sekalki bros dari kain flanel!

  5. yuni syafitri says:

    wah lucu lucu yha boleh dong ikutan trik trik nya

  6. dinda says:

    Menginspirasi bngtt ikut belajar aaahh….

  7. nisa says:

    asiknya bisa belajar cara membuat atau membentuk dari kain fanel ya

  8. yuli says:

    selamat sore..
    blognya bagus, sangat menginspirasi…makasih ya..
    jdi pengen belajar membuat kerajinan dari flanel & kalo dijadikan usaha untuk nambah penghasilan, lumayan jg kali ya…hehe, tp bingung nyari bahannya dimana?

  9. Muthia Adyta says:

    Blog2 ini……
    memberikan keuntungan buat si pembaca…..
    terima kasiihhh………..:)

  10. salsa liamanda says:

    kira kira harga kain flanel itu paling tinggi berapa ya??

  11. ziada haq says:

    kalau cara buat brosnya tanpa lem bening bisa gak

  12. novita sari says:

    wah lucu banget y.. :)
    ada kreasi baru gak?

  13. syarofa says:

    hai sis aqu seorang guru ingin mmbuat ktrampilan bwt murid2
    mw tanxa kl dakronnxa di ganti ma kapas gmn?? mksh ea,,,atas ilmunxa,,,

  14. Miti Apianti says:

    Mba da buku’y g???klo beli brpa??? Aku pngn nyoba2 bwt APE ank2 PAUD

  15. titin sugiarta says:

    ass……kakak aku lagi blajr pengen banget usaha nie, q juga dah banyak liat kreasi yang kakak buat,,,,tapi aku masih banyak ga bisanya ka karna q ga tau bagaimana cara bikinnya, drmah q juga da usha kecil”an ka buat tas dari flanel nd juga sedotan gtu ka,q mo tanya gmn c cranya untuk msarin karya q n juga q minta cara kakak buat bros donk kK,makasih ka wss….

  16. halimah says:

    alhamdulillah saya sedikit berjalan bikin bros dari kain flanel, tapi saya bingung kmana lagi masarin nya kmana lagi gtu ka, d tunggu ya infonya

  17. Desy Xiah says:

    mba mau tanya, keuntungan menjual kerajinan dari flanel itu apa saja ya?
    kalo buka usah itu, apakah modalnya harus besar??
    terimakasih… ^-^

  18. tresna says:

    mksh infonya..ngebntu bgt mau bikin sovenir……mdh2n bsa lancar n bgs hasilnya amin

  19. siti maulidah says:

    assalamualaikum… wah sangat inspiratif sekali yahh,,,,kalau boleh tau,,kalau saya jadi reseller gimana??? berapakah modal awalnya???

  20. maulina salsabela says:

    wow…. inspirasi nya sangatgede banget ya ,,,

  21. raka says:

    mba maaf saya mau tanya bikin pernak pernik dari kain flanel yang menarik gimana sih..???? trims,,

  22. vietry says:

    haii kaaa…salam kenal yahhh….

    ak kmrn tiba2 kepikiran untuk buat bros dri kain flanel nya? tpi ak bingung mau nyari dmna kapas fiberfull stuffing nya yg untuk isian ,byar suapaya gendut…bsa kasih tau gak ka untuk membeli nya dmna?di daerah jkt??

    mksih yaa di tgu info nya ka?

  23. sumardiono says:

    senang dengan orang2 kreatif, ga bingung cari kerja,justru membuat peluang kerja..

  24. Isma says:

    Mb’ kira” sovenir dr kain flanel yg lucu bt ultah ap ya . . . .
    Trz bgmn cra bikiny,trims

  25. Lia says:

    Salam kenal Sist
    sangat menginspirasi banyak orang termasuk saya.
    jadi semangat untuk mencoba nih… Trims tutorialnya ya sist…
    two thumbs !!!

  26. ema says:

    numpang curhat Mbak..
    inspiratif dan keren-keren banget koleksinya, juga makasih banyak buat tutorialnya Mbak.. :)
    saya pemula dalam perflanelan dan situs ini yang pertama saya temukan pas saya nyari2. artikel2nya banyak membantu.
    senaang sekali bisa berkreasi dan punya usaha sendiri..

    moga2 ijolumut makin tenar dan besar ya.. :)

  27. Dheaa says:

    Aq mw tanya nih ..
    Aq dkasih tugas seni budaya bkin sesuatu buat dipamerin ..
    Aq pinginnya bkin dri kain flanel,tpi bingung,mw bikin apa buat diPamerin doank..
    Bagi sarannya donk,,
    bagusnya bkin apaan ?
    Mksih :)

  28. Novi says:

    hay sist,. aku sekarg lgi nyoba2 bikin handmade dr flanel nih,.
    Alhamdulillah ya hasil,a lumayan,..
    tpi kendala.a sya gk jago desain,. tips.a sist
    mksih………

  29. Qory Dory saragih says:

    wahh .. bisa jadi inspirasi anak bangsa ini .. keren banget

  30. meilin widyastuti says:

    buk mau di ajarin dong gimana caranya dan contoh yang bnyak

  31. HANI says:

    anakku pengen banget bikin tapi akunya belum sempet ……. gm ya, anaknya semangat ibunya maless………. hehehe…………

  32. hanny says:

    Wah! !!! Pengen banget buat ya, ,,,,,,, walau aku masih sd :) tapi, ,,, hmmmmmm nggak ada waktu habis sibuk ama pelajaran. Sih insyalallah habis ujian bikin bikin aja buatke 4 adik ku yang masih junior

  33. hanifa fauzia septiana says:

    wow enak bisnis bros dari kain flanel mudah mudahan lancar aminnnnn

  34. rosma hidayani says:

    Ass.mbak saya tertarik kreasi nya mbak.cantik2 lg, saya pengen coba. Sdh lma saya cari2 bisnis sampingan..

  35. farhatuljannah says:

    mba bagaimana dan cranya kita menjual kreasi yg cantik” ?
    tlng blas ya mba……makasih

  36. hesty kaa says:

    wahh,,,asyik! mksh udh bagi ilmunya

  37. YENISA RAHMAWATI says:

    MAKASIH Y,JDI INGET KAIN FLANEL TRINSPIRAS BUAT BROS.INSYAALAH AK SANGGUP BUAT…..

  38. Singgih says:

    Jadi pengen nyoba bikin bros dari kain flanel..
    pengen usaha.. tapi bingung mulainya dari mana (OwO)

Silahkan Komentar

Tentang Penulis

Penulis Buku Bisnis Kerajinan Flanel Sejak 2008, Damarati & Suryagiri mengelola bisnis rumahan membuat aneka kreasi kerajinan dari kain flanel di kampung seniman Ubud-Bali
Blog ini dibuat sebagai ajang curhat, berbagi cerita, pengalaman, tips, ide dan inspirasi tentang kerajinan flanel.
Semoga bermanfaat bagi komunitas pecinta kerajinan flanel di Indonesia.

Mau Beli Kado Unik?

Ada Mug, Pin, Lukisan & Grosir Flanel. Langsung aja klik gambar dibawah ini :
Bantal Flanel Kalung Flanel Gantungan Kunci Flanel lucu terbaru Bross Hiasan Flanel
Bros Flanel Boneka Flanel Souvenir Flanel Aksesoris Flanel
Gantungan Flanel Bando Flanel