Cara Membuat Kerajinan Flanel Bintang

Cara Membuat Kerajinan Flanel Gantungan Kunci Bintang Cara Membuat Kerajinan Flanel BintangHoreee, akhirnya tiba saatnya belajar cara membuat kerajinan flanel. Kali ini tanpa basa-basi, saya tunjukkan langsung langkah-langkah cara membuat kerajinan kain flanel. Tutorial seperti ini yang ditunggu-tunggu kan?

Cara Membuat Kerajinan Flanel – Gantungan Kunci Bintang

Wah pasti sudah gak sabaran untuk segera mulai? OK, Studi kasus yang akan di bahas kali ini adalah tentang cara membuat gantungan kunci flanel Bintang. Thanks buat Grosir Gantungan Kunci Flanel yang telah membantu membuat tutorial ini. Oh ya.. jika anda seorang pemula, pastikan anda sudah membaca 8 Panduan Dasar Kerajinan Flanel. Baiklah, biar penasarannya hilang kita mulai sekarang juga ya.

Persiapan Cara Membuat Kerajinan Flanel

1. Siapkan Alat & Bahan Flanel
Sebelum mulai pastikan anda sudah punya alat, bahan, pola dan tahu teknik tusuk feston.
Cara Membuat Kerajinan Flanel alat bahan Cara Membuat Kerajinan Flanel BintangAlat :
- Gunting kain
- Jarum jahit & jarum pentul
- Gantungan kunci & lem
- Pola flanel Bintang
Bahan :
- Kain flanel merah & putih
- Benang sulam hitam, benang jahit hitam & merah
- Dakron & Monte hitam

Langkah-Langkah Cara Membuat Kerajinan Flanel

2. Pola Kerajinan Flanel
Cara Membuat Kerajinan Flanel pola Cara Membuat Kerajinan Flanel BintangSetelah alat dan bahan flanel siap, ayo kita mulai cara membuat gantungan kunci flanel bintang. Oh ya, pastikan dulu anda sudah membuat pola flanel berbentuk bintang.
- Ambil pola flanel bintang dan kain flanel merah
- Tumpuk kain flanel merah menjadi dua tumpukan
- Sematkan jarum pentul untuk memegang pola & kain
- Guntinglah kain flanel sesuai pola flanel bintang
- Lepaskan jarum pentul dari pola flanel
Hasilnya adalah dua buah bentuk flanel bintang merah sesuai pola flanelnya.

3. Ekspresi Boneka Flanel
Selanjutnya kita akan membuat mata dan ekspresinya.
Cara Membuat Kerajinan Flanel boneka Cara Membuat Kerajinan Flanel Bintang- Ambil kain flanel putih
- Buatlah lingkaran 2 mata sesuai pola flanel
- Ambil satu sisi flanel bintang merah
- Tempelkan kedua lingkaran mata dengan lem
- Ambil monte hitam untuk bola mata
- Siapkan benang hitam dan jarum
- Pasang kedua bola mata hitam
- Siapkan benang sulam hitam dan jarum
- Buat ekspresi wajah tersenyum

Hasilnya adalah satu sisi bintang merah, kedua mata putih dan bola mata hitam dari monte dengan ekspresi wajah tersenyum.

4. Jahit dengan Tusuk Feston

Cara Membuat Kerajinan Flanel tusuk feston Cara Membuat Kerajinan Flanel BintangTahap ke-4 adalah menggabungkan kedua sisi flanel bintang bagian depan dan belakang, lalu memasang gantungan kuncinya.
- Ambil bagian depan dan belakang sisi flanel bintang
- Gunakan tusuk feston untuk menjahit semua sisinya
- Kaitkan gantungan kunci, pastikan jahitannya kuat
- Sisakan sedikit lubang untuk memasukkan dakron
Sampai disini, proses menjahit berhenti sejenak lalu siapkan dakron.


5. Masukkan Dakron

Cara Membuat Kerajinan Flanel dakron Cara Membuat Kerajinan Flanel BintangLangkah terakhir adalah memasukkan dakron.
- Pastikan lubang tempat dakron cukup leluasa
- Masukkan dakron sedikit demi sedikit
- Pastikan ujung-ujung bintang terisi penuh
- Gunakan alat bantu tusuk sate/sumpit
- Sesuaikan banyak dakron dengan bentuknya
- Tutup lubang dakron dengan tusuk feston
Beres, gantungan kunci flanel bintang selesai.
Horeee… akhirnya bisa membuat sendiri gantungan kunci dari kain flanel berbentuk bintang icon biggrin Cara Membuat Kerajinan Flanel Bintang

6. Kemasan Kerajinan Flanel
Cara Membuat Kerajinan Flanel bintang Cara Membuat Kerajinan Flanel BintangNah setelah gantungan kunci flanel bintang selesai, tinggal dimasukkan ke dalam kemasan plastik mika, lalu ditambahkan tag kemasan dan siap jual icon wink Cara Membuat Kerajinan Flanel Bintang Ayo mau dijual berapa ya?

Gimana, gampang kan? Jika masih bingung, gak usah malu bertanya dan berkomentar. Jangan lupa tunggu beberapa tutorial cara membuat kerajinan flanel selanjutnya ya. Hayooo.. mau bikin kreasi apa ya?

cara membuat gantungan kunci dari kain flanel, cara membuat boneka dari kain flanel, cara menjahit kain flanel, kreasi kain flanel dan cara membuatnya, cara membuat gantungan kunci, pola flanel, pola boneka flanel, pola kain flanel lucu, kerajinan kain flanel dan cara membuatnya, kreasi dari kain flanel dan cara membuatnya, kerajinan dari kain flanel dan cara membuatnya, cara membuat gantungan kunci dari flanel, cara membuat kain flanel, cara membuat gantungan kunci flanel, membuat gantungan kunci dari kain flanel, cara membuat flanel lucu, contoh kerajinan kain flanel, kreasi gantungan kunci dari kain flanel, keterampilan kain flanel, cara membuat bros dengan kain flanel, tutorial membuat bros dari kain flanel, cara membuat gantungan dari kain flanel, gantungan kunci lucu, buku cara membuat kerajinan kain flanel, pola kerajinan dari kain flanel, desain gantungan kunci dari kain flanel, pola kreasi dari kain flanel, gantungan kunci flanel terbaru, pola bros kain flanel, tutorial kerajinan flanel, tusuk feston cara, cara membuat bintang dari kain flanel, pola flanel terbaru, kreasi kain flanel gantungan kunci, cara menjahit, cara pembuatan gantungan kunci dari kain flanel, cara buat gantungan kunci dari kain flanel, cara membuat kreasi dari flanel, cara membuat gantungan flanel, gantungan kain flanel, gantungan kunci dari flanel, cara membuat boneka kain flanel, lukisan dari kain flanel, pola untuk kerajinan kain flanel, gantungan flanel, bros dari kain flanel lucu, membuat boneka flanel, cara membuat kerajinan gantungan kunci, cara membuat pin dari flanel, cara bikin gantungan kunci dari kain flanel

Yuk baca artikel Kerajinan Kain Flanel lainnya:

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
  1. Asrianti says:

    Saya sangat tertarik dengan gantungan kunci flanel bintangnya dan saya mau coba siapa tahu bisa saya kembangkan menjadi usaha rumahan dan membuka lapangan kerja untuk ibu-ibu di desa saya ini, tapi saya belum tahu tehnik tusuk feston. Kalau bisa tolong ajari saya tehnik tusuk feston lawat email saya. Terimakasih

  2. lia says:

    Aq yakin bisa, tp utk mendptkn dakron dmn y

  3. Reva says:

    caranya praktis, t’rus unyu lgi ………………….,I Like it…….,:):):):):):)

  4. liana lie says:

    Senengg banget deh ktmu blog yg bermamfaat kaya gini ????ª?k ¥?µ?? ;) sist.. ^^

  5. Nisa says:

    wahhh, thanks yaa, benar2 menginspirasi,
    ehh, klo masang gantungan kuncinya gimana caranya yaa??
    hehe
    *mau coba dirumah, hehe*

  6. yenny says:

    Lam kenal ?ß???? ??? pingin sekali bikin bungaa yg kyk bintang itu biar garis antar kelopaknya kelihatan ª?ª batasnya gimana yªa??Åâ ?ß????.mksh

  7. leo says:

    sya ingin belajar tentang hal ini

  8. Tari says:

    waahhhh aku juga tertarik pengen blajar bareng bikinnya, tiap kali ksana pasti liat mbanya lg sibuk bkin kerajinan flanel dan aku sbuk dgn fettucini carbonara=honey yogurtnya :p

  9. Amanda says:

    Lucu2 sekali,KEPINGIN nyoba kalau berhasil bikin yang banyak jual deh ke temen2!?

  10. Amanda says:

    Beli tag kemasan Nya diman ya??

  11. husna says:

    kerreenn
    tp ada yang berbntuk bintang laut ga ?

  12. rizma says:

    makasiiiiiiiiiiiih banget , telah berbagi ilmu pada kita, semoga semakin sukses

  13. marine ong says:

    kpgen bgt bs bikin krjinan dr flnel ,tp syg anak2 msh kcl,kyknya repot x,,,sgt brminat untk jd reseller produk ijo lumut,,

  14. Dedi Sukmayadi says:

    Makasih Sis, tulisannya bermanfaat banget….mudah2an tambah jaya usahanya.
    Kalau boleh tahu, alamat warungnya dimana ya…..pengen belajar langsung nih Sis…
    Istri katanya pengen berkreasi……
    Tanks ya atas waktunya….jawabannya di tunggu kl bisa by email aja…

  15. Thanks Dedi atas apresiasinya. Kami berdua menjalankan usaha rumahan ini karena emang suka dan hobi. Kalau mau belajar Cara Membuat Kerajinan Flanel, silahkan mampir ke http://www.CaraMembuatFlanel.com Saya sudah buatkan paket2 khusus untuk pemula yang paling awal, anak2 hingga dewasa. bahkan jika ingin bisnis kerajinan flanel bisa pesan paket pola. Mari berkreasi bersama2 dari rumah hehehe..

  16. jibriya says:

    Wahhh, sangat menarik sekali, dan caranya sangat gampang… :)
    saya pengen memb uka usaha membuat kerajinan bros dri kain flanel.. makasih yaa sudah bagi” ilmunya :D

  17. nina says:

    hemmm q uda pernah buat tp hasilnya kog g sebagus d blog yach o_O

    • inilah namanya barang kerajinan seni. walo alat bahan sama tapi seni dan kreatifitas membuat hasil akhir berbeda. semua orang pasti bisa, tapi harus banyak latihan dan mencoba lagi.. lagi lagi hingga tumbuh rasa percaya diri, bahwa produk yg dihasilkan sudah sesuai standar bagus dan layak utk dijual.

  18. Dyladaniii says:

    bagus, aku juga usaha dari kain flanel sejak SMA :)

  19. Supriati says:

    Bagus dan inspiratif, ada info penjualan kain flanel online gk? Kain flanel yang bagus itu yang gimana.
    makasih

  20. NILUH SRIMADIANI says:

    jadi tertarik mau ikutan bisnis kerajinan dari kain flanel.

  21. robi'ah says:

    wah,,lucu ya dan mudah juga tp ada kreasi yg lain gak?aku pengen buat hahahahah:D

  22. eka says:

    makasii ya info’a …. bermanfaat banget buat aku, info ini buat aq terinspirasi dengan kerajianan tanngan yng bermanfaat… karena info ini aq bisa sukses buat bisnis dari kain flanel…
    :) sekali lagi terima kasihhhh ya tentang info’a .~.~.’

  23. Adiyanto says:

    Browsing2 pas nemu web ini, sangat inspiratif sekali. Saya suka sekali dengan kisah si galang. Super mantab pokoe…

  24. Lisa says:

    mbak< kalo beli dakron dimana yah?? tapi dalam skala kecil???
    tq

  25. Aisiti fatimah says:

    Saya sangt trtarik membwt kerajinan dari kain flanel.apakai d daerah cikarang selatan bekasi bhan bhannya sdh bnyk trsdia? Sya bnar2 bru permulaan.
    Terimakasih.salam kenal.

  26. siti says:

    ikut nyimak blog nya k kak n sis … mau coba bikin … :)

  27. Ferdiansyah says:

    wah sangat menginspirasi sekali dan saya sudah pernah mambuatnya dan sekarang alhamdulillah jadi banyak pelanggan :). Sukses terus ya blognya

  28. okwan setiawan says:

    saya sangat tertarik dgn blog ini,,
    terima kasih atas panduan2 cara membuat kerajinan tangan,, semoga sukses

  29. yenny amelia says:

    saya sangat tertarik mencoba ini, namun sy ga tau tekhnik untuk menjaitnya itu.. tolong balas comment sy ini ya..

  30. akmar qitsalts says:

    tyus ne mba’ llem apa yg bagus buat bahann flanel ?
    Yang pasty bisa awet gx cepet llepas .

  31. ayu says:

    mbak mau tantanya enakan pkai kain flnel yng tipis tpis lemas apa yang tipis tapi kaku ya kmrin mau beli bingung milihnya pkai kain yng mna

  32. siti fatimah says:

    alhamdulillah aku juga udah mencoba bikin kerajinan dari kain flanel, ini lgi cari ide ide dan kreasi baru,,cman kadang yang jadi kendala emang masalah ahrga beli bahan baku yang naik terus sehingga harga jualnya jdi agak mahal n saingan sama souvenir yang buatan pabrik,,tapi aku berusahaa tetep semangat,,makasih ya artikelnya bagus sekali

  33. alma amalia says:

    wah bagus banget kreasi bintangnya
    makasih ya tips nya

  34. SEMADI says:

    WESSSSSSSSS BAGUS BUANGETTTT
    PENGEN IKUTAN BUAT

  35. yasmin says:

    Pola itu mbuat atau minta orang lain terus pola itu digambar ta
    Langsung digunting?

  36. farhan says:

    kalo dakronnya boleh diganti kapuk ngga ?

    • boleh-boleh aja sih. Mirip tapi tekstur Dakron sangat beda dengan Kapuk. kapuk itu menurut saya terlalu padat tidak lembut. Kalo dakron yang kwalitas bagus itu empuk sperti bantal. kebayang gak bedanya?

  37. runny says:

    alhamdulillah dapat info yg luar biasa n sangat bermanfaat!

Silahkan Komentar

Tentang Penulis

Penulis Buku Bisnis Kerajinan Flanel Sejak 2008, Damarati & Suryagiri mengelola bisnis rumahan membuat aneka kreasi kerajinan dari kain flanel di kampung seniman Ubud-Bali
Blog ini dibuat sebagai ajang curhat, berbagi cerita, pengalaman, tips, ide dan inspirasi tentang kerajinan flanel.
Semoga bermanfaat bagi komunitas pecinta kerajinan flanel di Indonesia.

Mau Beli Kado Unik?

Ada Mug, Pin, Lukisan & Grosir Flanel. Langsung aja klik gambar dibawah ini :
Bantal Flanel Kalung Flanel Gantungan Kunci Flanel lucu terbaru Bross Hiasan Flanel
Bros Flanel Boneka Flanel Souvenir Flanel Aksesoris Flanel
Gantungan Flanel Bando Flanel