Cara Membuat Kreasi Flanel untuk Pemula

Cara-Membuat-Kerajinan-Kain-Flanel
Bagaimana sih Cara Membuat Kreasi Flanel? Alat dan bahan apa yang harus saya beli? Darimana saya harus mulai? Inilah beberapa hal yang paling sering ditanyakan, terutama bagi seorang pemula. Pertanyaan yang sangat wajar. Jangan khawatir! Dulu, saya juga seorang pemula dan menanyakan hal yang sama. πŸ™‚ Baiklah, saya akan menceritakan pengalaman saya beberapa tahun yang lalu ketika pertama kali belajar cara membuat kreasi flanel.

Belajar Cara Membuat Kreasi Flanel

Hal pertama yang Saya lakukan adalah dengan mencari informasi melalui internet. Hari gini, daripada bingung dan gak tau harus tanya siapa, ujung-ujungnya cari aja Mbah Google πŸ™‚ Banyak informasi tentang kerajinan kain flanel dari dalam dan luar negeri yang bisa dipelajari. Tak hanya itu, Saya pun membeli beberapa buku tentang cara membuat kerajinan tangan dari kain flanel. Saat ini, di toko buku sudah banyak tersedia buku flanel berbahasa Indonesia. Lumayanlah, dari 2 langkah awal ini bisa mengobati rasa penasaran.

Saking penasarannya, Saya mengkoleksi lebih dari 30 buku flanel berbahasa Indonesia. Harga buku flanel sekitar 25-70 ribuan, jika dihitung rata-rata 50 ribu aja, berarti lebih dari 1,5 juta saya habiskan untuk beli buku flanel saja belum beli alat dan bahan. Maklum mungkin karena saat itu saya begitu menggebu-gebu, tak punya teman atau sodara yang ngerti kerajinan kain flanel. Akhirnya belajar membuat flanel otodidak menjadi keputusan terakhir.

Secara garis besar, hampir semua buku yang saya baca mewajibkan punya alat dan bahan kain flanel untuk mulai berkreasi. Waduh, Saya pun jadi bingung! Dimana sih ada toko yang jual kain flanel? Ditambah lagi, saya tidak tinggal di kota besar πŸ™ Ternyata punya buku saja tidak cukup. Masalahnya, selama belum punya alat dan kain flanel, Saya pasti gak bisa ngapa-ngapain. β€œMasak hanya membolak-balik isi buku TANPA membuat kreasi apapun?” Gak lucu dong!

Pengalaman Belajar Cara Membuat Kreasi Flanel

Tak ada jalan lain, Saya gak boleh patah semangat. Saya harus berusaha sendiri mencari toko kain flanel! Lalu saya pun keliling mencari toko yang jual kain flanel. Sialnya, dari sekian banyak toko kain yang dikunjungi, Tak satu pun jual kain flanel. Apalagi ketika bertanya, “Mbak ada kain flanel?” eh.. malah dijawab “Kain Flanel itu kain apa ya?” gedubraaaakkk …!! Kayaknya ada yang salah nih! ternyata untuk mendapatkan Kain Flanel tak segampang yang saya kira. Dan.. syukurlah, 1 bulan kemudian akhirnya saya berhasil mendapatkan kain flanel.

Setelah punya kain flanel, Saya tak sabar untuk mulai berkreasi. Saya kembali fokus dan membolak-balik buku kreasi flanel. Saya sadar kalau saya masih pemula sehingga Saya ingin mencoba cara membuat kreasi flanel yang β€œPaling Gampang” duluan. Saya perhatikan contoh tutorial flanel dan pola kain flanel di buku memang bagus, tapi masalahnya Kreasi mana sih yang cocok untuk Pemula?

Karena sudah tak sabaran dan terlalu bersemangat, Saya mencobanya satu persatu. Hasilnya? Ternyata tidak segampang yang saya kira. Sekian kali gagal Saya kehilangan fokus karena tak paham tingkat kesulitannya. Maklumlah… seorang Pemula seperti saya, jangankan membuat tusuk feston, menempel kain aja masih blepotan. Terus terang saat itu saya berfikir, “Gimana sih cara belajar flanel yang Cepat, Gampang dan Praktis?”

Nah, banyak sekali teman-teman pemula yang mempunyai pengalaman mirip dengan saya. Punya keinginan belajar flanel sangat tinggi, tapi bingung harus mulai darimana. Apakah harus beli banyak buku, beli kain flanel dulu, lalu mau bikin kreasi apa?

Cara Membuat Kreasi Flanel cocok untuk Pemula

“Dulu, saya juga seorang pemula. Dan saya sangat paham dengan kesulitan yang dihadapi.” Berbekal pengalaman ini, Saya mencari jalan keluar “Bagaimana agar seorang pemula bisa belajar sendiri “otodidak”?” Untuk tahap awal, beli alat dan bahan kain flanel gak usah banyak-banyak dulu. Beli secukupnya, yang penting bisa cepat mulai dan ada hasilnya! Intinya bisa belajar flanel dengan cepat, gampang dan praktis langsung jadi.

Sekedar informasi, anda bisa mampir ke website www.CaraMembuatFlanel.com jika ingin belajar Cara membuat kreasi flanel yang singkat, tepat dan praktis. Sistem tutorial pembelajarannya sangat sederhana, cocok bagi pemula yang sangat awam sekalipun.

Anda dituntun mulai dari level Paling Gampang hingga bisa menghasilkan kreasi flanel “Langsung Jadi”. Sudah dilengkapi dengan alat dan bahan seperti Kain flanel, benang, dakron, gunting, mata boneka, jarum, lem, bahkan pola flanel siap pakai. GRATIS ONGKOS KIRIM πŸ™‚

Intinya, anda belajar lebih cepat dengan meniru contoh. Mulai dari contoh awal, setengah jadi dan contoh jadi. So.. jika berminat bisa lihat Paket BELAJAR Flanel, Paket POLA flanel, Paket Tutorial Flanel. Atau Paket Khusus untuk anak-anak, ada Paket flanel ANAK dan Paket PRAKARYA Flanel.

cara membuat kreasi kain flanel untuk pemula, kerajinan bantal dari kain flanel, tutorial kreasi kain flanel untuk pemula, membuat gantungan kunci dari kain flanel bagi pemula, kain vanel, hiasan pinsil dengan kain flanel, Gambar tempat pensil dan gantungan kunci dr kain flanel, cara membuat kerajinan flanel untuk pemula, Cara membuat kerajinan dari kain flanel untuk pemula, cara membuat kerajian dari kain flanel untuk pemula, cara kreasi tas dari kain flanel untuk pemula, cara cara menjahit hiasan flanel, cara buat bunga dari planel, bikin kerajinan dari kain flanel yg gampang, bikin boneka yg gampang dan bagus

Yuk baca artikel Kerajinan Kain Flanel lainnya:

Tags: , , , , ,
  1. jali karani says:

    apakah tidak ada tutorial cara membuat tas atau dompet??
    terimakasih

  2. avin salina says:

    i like it…top markotop

  3. siti fatimah says:

    wah bagus banget,,,aku suka,,

  4. Dewi says:

    Mba, dimana ya tempat jual kain flanel di denpasar?
    Trims sebelumnya..

  5. mirandha says:

    ihh… seru & mengasikkan,, untuk disekolah ini….

  6. asti says:

    benang n jarumnya jenis apa kak?

  7. ibu sri says:

    bagus, pengin sih pesan tpi bsa ngak yah cara buatnya..

  8. ibu sri says:

    kira-kra ada gakj ya toko flanel di daerah palembang, klo ada di mna alamtnya ya..

  9. Salisyah says:

    gimana yaa caranya bikin tas dari kain flanel ?? minta tolong donk, sama bahannya .. :))))))))

  10. wisnu says:

    untukk modal awal ituu habisss brapa kaakk,.,., ???

  11. Intan Ayu Handayani says:

    lem nya pake apa sih . . ???????

    jawab ya coment qw plis
    soalnya tugas ni ????

  12. ummi razanrafli says:

    salam kenal.
    boleh tau gak, beli alat2nya, kain, lem dsb di jakarta dimana ya?

  13. muhammad yahya says:

    salam kenal ya,
    wah salut saya dan saya sangat tertarik untuk mempelajarinya…. mau tanya ni… untuk isi dalamnya kapas ya… alternatif lain selain kapas ada gk yg bisa soalnya kan kapas cukup mahal kalau kita ingin buat banyak……

  14. Amayruzt says:

    Aku juga pgn bgt bkin kreasi ky gtu,tpi beli alat n bahan2y dmn y kak, mang tiap toko kain, da yg jual kain flanel gak?mkah

  15. rhiachamiema says:

    betul3x..
    ide cemerlang buat ngisi waktu luang di rumah tuh…………. πŸ™‚

  16. nayla says:

    Kalo pake lem tembak bisa nggak?

  17. Nuryati says:

    Cara mendapatkan/ membeli pola2nya bagaimana ?

  18. Nur says:

    sy jg baru pilih 2 ush utk dirmh,,,jd skrg cb berkreasi bros dr flanel jg
    mkn ditekuni,asyik jg koq

  19. ayu noe says:

    Jadi tertarik sangat πŸ™‚

  20. afriyani says:

    Saya sangat tertarik sekali

  21. tiaraanggun says:

    kalo yang gampang sedikit aja ada gak???????????????

  22. hj.murniati says:

    saya sangat tertarik tapi gimana cara bergabungnya ?

  23. Putri says:

    Artikelnya menarik, setelah membaca, saya jadi tertarik membuat kreasi dari flanel, makasih infonya..

  24. UTIYA says:

    iyah…iyah… aku suka kerajinan tangan flanel. aq tinggal di papua barat, di sini blm ada yang jual kain flanel (ada tapi harganya mahaaaal bingits). kira2 dimana yaaah tmpat membeli kain flanel yang murah?????? mohon bantuannya. trims
    kalo mau order gantungan kunci flanel,dll dimana yach alamatnya??

  25. rifa says:

    Untuk pemula kira2 berapa ya yg harus kita keluarkan biayayanya mba ?

  26. ismail says:

    saya pengen bikin juga ,buat usaha kecil”an,, klo dri kota sukabumi bisa order gak??,,mkasiih,, πŸ™‚

  27. meyka aulia says:

    pengen buat nih jadinya

  28. anna says:

    saya tertarik untuk mencobanya..buat mengisi waktu luang..

  29. nabila says:

    Keren bwnget kak aq tertarik pengen nyoba jg

  30. ayu says:

    Kalo mau psen paket belajar nya msih bsa ga? Minat bgt buat kreasi flanel.. tp blm bsa sm skali..

  31. khoidha ulfaini says:

    Salam kenal. πŸ˜€ saya tertarik dengan artikel nya . Sebanarnya sudah pernah membuat kerajinan kain flanel tapi utk yang lem . Kalu yang jahit itu jahit nya gimana ya.??!!:-):-):-)

  32. faiza says:

    Mbak aq ud coba buat. Hasilnya baik . Tp aq bngung ngejualnya d mna . Cz rumah aq itu terpencil . Bsa d sarankan t mbak . Ud coba lewat online tapi kesulitan ngirimx mbak .

  33. rioismi says:

    aku pengen coba bikin tpi tkt gagal sama gk ada yg beli soalnya aku masih sd tpi pengen mulai bikin usaha sendiri

  34. denden kurniadi says:

    Saya dan pacar saya tertarik buat kerajinan dari kain flanel,,
    Di daerah cianjur dimana ya buat beli kain flanelnya ?
    Ada yang tahu ?

  35. Jual Baju Muslim Pria says:

    Bagus sekali artikelnya. Jadi tertarik untuk membuat sendiri di rumah. makasih ya infonya

  36. Dian Nur Fa`Idha says:

    Bagus sih,,tpi susah di ikutin…soalnya gambarnya bagusΒ²,,,tpi hasilku tetap aja jelek,,,hihihi

  37. Renu anggraeni says:

    Sya trinspirasi dr blog ini kk..
    Sudah sya buat bbrapa jenis gntungan kunci dan boneka nya.
    Hnya saja saya bingung utk memasarkannya, bisa dibntu share utk bgimna seorang pemula membuka usaha ini?

Silahkan Komentar

Tentang Penulis

Penulis Buku Bisnis Kerajinan Flanel Sejak 2008, Damarati & Suryagiri mengelola bisnis rumahan membuat aneka kreasi kerajinan dari kain flanel di kampung seniman Ubud-Bali
Blog ini dibuat sebagai ajang curhat, berbagi cerita, pengalaman, tips, ide dan inspirasi tentang kerajinan flanel.
Semoga bermanfaat bagi komunitas pecinta kerajinan flanel di Indonesia.

Mau Beli Kado Unik?

Ada Mug, Pin, Lukisan & Grosir Flanel. Langsung aja klik gambar dibawah ini :
Bantal Flanel Kalung Flanel Gantungan Kunci Flanel lucu terbaru Bross Hiasan Flanel
Bros Flanel Boneka Flanel Souvenir Flanel Aksesoris Flanel
Gantungan Flanel Bando Flanel
error: Content is protected !!