KidPreneur #6 – Ide Bisnis Anak Muda

kidpreneur wirausaha muda mengajari anak bekerja KidPreneur #6 – Ide Bisnis Anak MudaApakah anda sedang mencari Ide Bisnis Anak Muda? Ok deh icon smile KidPreneur #6 – Ide Bisnis Anak Muda Untuk menambah inspirasi, gimana kalau baca dulu kisah seorang anak kecil (6 tahun) yang belajar bisnis kerajinan flanel. Kelas 1 SD Jualan Kreasi Flanel Lucu.

Ide Bisnis Anak Kecil

Setelah lima hari mengikuti pertualangan si Galang dalam mengusir rasa bosannya, ternyata banyak hal positif yang bisa diambil hikmahnya. Hari ini Galang masih mendapat 5 pesanan lagi. Akhirnya kami sarankan untuk istirahat sejenak biar gak capek. Lagian Senin depan sudah mulai Ujian Akhir Semester. Hampir seminggu belajar berwirausaha ternyata membuatnya makin ceria karena ada tantangan baru. Sebuah ide bisnis anak-anak yang cemerlang khas anak kecil. Begitulah gaya anak-anak jaman sekarang icon wink KidPreneur #6 – Ide Bisnis Anak Muda

Ide Bisnis Anak : Apa Arti Uang?

Satu hal yang menggelitik, ketika Galang pertama kali membawa 9 uang seribuan, lalu 39 uang seribuan lagi, ditambah 33 uang seribuan. Anehnya dia hanya menerima uang seribuan, karena 3 ribu itu artinya 3 lembar uang seribuan. Jadi kalau selembar 2 ribuan ditambah selembar seribuan, BUKAN 3 ribu icon biggrin KidPreneur #6 – Ide Bisnis Anak Muda ANEH kan? hehehe. Apalagi kalau dikasi uang 5 ribuan, pasti gak ngerti. Ajaib! Lagi-lagi sistem yang sangat sederhana bin ajaib.

Cara mengelola keuangannya pun diluar nalar orang dewasa. Berhubung cuma tahu uang seribuan, jadi hanya boleh membayar dengan seribuan. “Yang namanya uang itu hanya seribuan, selain seribuan bukan uang!” Uang Pas, tanpa kembalian! Setelah dihitung-hitung ternyata ada 3 + 9 + 39 + 33 + 15 = 99 lembar uang seribuan. Berarti total penjualannya 99 ribu. Wow, akhirnya tabungan sekolahnya bertambah banyak dalam seminggu. Cita-citanya ingin beli laptop kecil yang warnanya nge-jreng. Satu kalimat yang mengharukan ketika Galang bilang, “Wah, ternyata kalo beli mainan 25 ribu itu perlu banyak uang seribuan ya.” Orangtua manapun pasti terharu melihat keluguan seperti ini.

Belajar dari Anak Kecil tentang Ide Bisnis Anak

Ketika mendengar dua kata anak dan kerja, saya teringat “eksploitasi anak” yang berkonotasi negatif “mempekerjakan anak” dan berorientasi ekonomi semata. Disisi lain mengajarkan anak bekerja sangat berbeda dengan mempekerjakan anak. Mengajari anak bekerja berorientasi pada proses pembelajaran dan mengenalkan anak pada pekerjaan serta dunia usaha. Kalau di kurikulum SMK (kebetulan saya jadi guru honor) ada mata pelajaran kewirausahaan. Namun, tidak ada yang mustahil. Petualangan si Galang bersama Flanel-nya bisa menjadi contoh kecil cara belajar mengelola ide bisnis anak-anak di usia dini.

Pada dasarnya kemampuan wirausaha bisa tumbuh sejak kecil, bahkan dibangku Sekolah Dasar pun. Kami tak pernah mengajari secara khusus, mengingat usianya terlalu dini. Sudah bisa bangun pagi dan berangkat sekolah saja sudah bersyukur. Entah karena meniru atau keseringan melihat dan memperhatikan, akhirnya si kecil sangat cepat menyerap praktek nyata dunia wirausaha.

Kami sebagi orang tua harus bisa menyelaraskan batasan umur dengan kemampuan anak. Seiring pertambahan usia, tambahkan pengertian dan konsep bisnis yang lebih relevan dengan kemampuannya. Jangan terlalu memaksa, cukup dengan mengimbangi keinginannya dan sesuaikan takaran dengan tepat.

Satu contoh sederhana, misalnya ketika kami mengemas gantungan kunci flanel kedalam plastik mika, tanpa disuruh pun si kecil ikut membantu. Anak kelas 1 SD mampu melakukannya seolah-olah seperti sedang bermain-main, sambil bercerita tentang sekolahnya atau pelajaran yang disukainya. Kami pun tidak pernah membebani dengan target, kalau sudah bosan ya berhenti, namanya juga anak-anak.

Bagi keluarga kecil Indonesia yang mungkin mempunyai cerita serupa, pastikan anda bangga dengan naluri kewirausaan anak anda sejak dini. Ayo, temukan ide bisnis anak muda!

ketrampilan, ketrampilan kain flanel, cara membuat kreasi kain flanel, bisnis anak muda, ketrampilan flanel, kreatifitas dari kain flanel, keterampilan flanel, usaha anak muda, contoh bisnis anak muda, desain kerajinan kain flanel, cara membuat bros lucu dari kain flanel, gambar kreasi dari kain flanel, kreatif dengan kain flanel, kreativitas kain flanel, kreativitas dari kain flanel, kreatif kain flanel, peluang bisnis anak sekolah, bisnis untuk anak sekolah, wirausaha kerajinan, kreatif dari kain flanel, kreasi kerajinan dari kain flanel, peluang usaha untuk anak sekolah, usaha untuk anak muda, kreatifitas flanel, kreasi dari kain, kreasi flanel terbaru 2014, bisnis untuk anak muda, keterampilan dari kain, accessories dari kain flanel, usaha anak sekolah, bisnis kreatif anak muda, ketrampilan dari flanel, gambar keterampilan, bisnis anak smk, cara membuat tabungan dari kain flanel, 99 bisnis anak muda, gambar ketrampilan, desain kreasi flanel, Bisnis untuk anak anak, keterampilan planel, desain kerajinan flanel, desain dari kain flanel, kerajinan dan wirausaha, cara mengemas bros, gambar kreatifitas anak, desain kerajinan dari kain flanel, contoh desain kain flanel, gambar cerita dari kain flanel, desain kreasi kain flanel, contoh desain kerajinan kain flanel

Yuk baca artikel Kerajinan Kain Flanel lainnya:

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
  1. M. Sawal says:

    wah… ceritanya sungguh luar biasa dan sangat menginspirasi… salam ya buat si galang… moga makin tambah pinter…

  2. rianti says:

    luar biasa galang :)
    semoga tante bisa bersemangat seperti galang :)

  3. Zahran says:

    Jadi terinspirasi untuk anakku…. salam buat galang.

  4. Gracia's Story says:

    Bener2 kisah yang menginspiratif! Aku jadi malu nih sama Galang.
    Dia aja yang masih kecil tidak kenal menyerah, kenapa aku patah semangat ya? :((
    Galanggggg…Tante mau belajar buat kerajinan flanel lagi deh. Doakan hasilnya bagus ya, biar bisa jadi pengusaha sukses kayak Galang sama mama yaaaaaa…. :)
    Makasi Galang….

  5. yuni alfiani says:

    Alhamdullilah saya sm temen saya lagi belajar bisnis bros dri kain flanel ( baru muali sih :-) ) ,,
    v kami awam akan hal pembikinan pola,,
    Bisa ajari kami kak …! :-)

  6. tri putri RZ reni says:

    kerajinan apa saja yang sudah dibuat..?
    wahh cukup terinspirasi,terimakasih yah atas ceritanya.
    kalau bisa lebih dikembangkan lagi yah, lebih banyak lagi kerajinan yang bisa dibuat.

  7. tme says:

    Mohon izin untuk olah semula ayat nie dalam bahasa malaysia. Cerita ini sgt bagus untuk di kongsi tapi ada beberapa ayat yang mungkin jika di baca oleh orang malaysia agak sukar untuk di fahami. Boleh kan mbak? :) saya juga dalam proses mendedahkan anak-anak dengan dunia bisnes jadi cerita Adik Galang nie memang sangat sangat menarik dan memberi inspirasi…salam sayang buat si kancil…:D

  8. anada says:

    hebat , , bagi bagi peluang bisnis dong buat ane :)

  9. Opi rofiatun says:

    Wah kreasi yang keren, kreatif, imajinatif. Dan suatu hal patut d contoh, untuk mengisi liburan sanagat bermanfaat, saya juga ingin mencoba.. Tidak boleh kalah sama anak kecil :D

Silahkan Komentar

Tentang Penulis

Penulis Buku Bisnis Kerajinan Flanel Sejak 2008, Damarati & Suryagiri mengelola bisnis rumahan membuat aneka kreasi kerajinan dari kain flanel di kampung seniman Ubud-Bali
Blog ini dibuat sebagai ajang curhat, berbagi cerita, pengalaman, tips, ide dan inspirasi tentang kerajinan flanel.
Semoga bermanfaat bagi komunitas pecinta kerajinan flanel di Indonesia.

Mau Beli Kado Unik?

Ada Mug, Pin, Lukisan & Grosir Flanel. Langsung aja klik gambar dibawah ini :
Bantal Flanel Kalung Flanel Gantungan Kunci Flanel lucu terbaru Bross Hiasan Flanel
Bros Flanel Boneka Flanel Souvenir Flanel Aksesoris Flanel
Gantungan Flanel Bando Flanel