Ada Berapa Warna Kain Flanel?

warna kain flanelKetika sedang berada di toko kain flanel, kita pasti ditanya, “Mau cari warna kain flanel apa?” Jangan kaget jika anda ditawari lebih dari 40 bahkan lebih dari 50 jenis warna. Wah, banyak juga ya! Warnanya komplit, apalagi kalau harganya sekitar 16 ribu/meter. Mantap! Artinya anda sudah menemukan toko kain flanel yang lengkap, apalagi dekat rumah, waaaahh.. makin mantap!

Warna Kain Flanel

Bagi yang baru pertamakali membeli kain flanel, pasti bingung. Mau beli kain flanel warna apa? Dulu saya juga seperti itu, ke toko kain aja tidak pernah. Tambah bingung lagi karena terlalu banyak kreasi flanel yang ingin dibuat. Maklum sedang semangat-semangatnya dan ingin segera berkreasi. Lalu kain warna apa aja sih yang mesti di beli?

Mau Beli Warna Kain Flanel Apa ya?

Sebenarnya tidak ada pedoman pasti untuk memilih warna kain flanel. Namun kalau dilihat dari spektrum warna, sebaiknya kita punya warna primer, sekunder dan tersier. Paling gampang, bayangkan saja warna pelangi -mejikuhibiniu- ada merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu.

Sebagai langkah awal coba dulu warna merah, merah marun, pink, oranye, kuning, hijau tua, hijau muda, biru, biru muda, ungu, coklat, cream, hitam, putih, dan abu-abu. Susunlah 15 warna pokok itu seperti urutan warna pelangi. Sebagai seorang pemula, bermodalkan 15 warna pokok kain flanel saja sudah bisa membuat inspirasi anda tergugah. Nah kalau dihitung 15 warna tiap meter maka anggarannya sekitar 250 ribu. Atau jika 1 meter terlalu banyak, coba beli 15 warna flanel ukuran kecil 25x24cm sekitar 75 ribuan. Tidak terlalu mahal kan?

Tips Memilih Warna Kain Flanel

Setelah kita punya beberapa warna flanel, segeralah berkreasi. Saat berkreasi dengan kain flanel, maka kita akan tahu warna apa yang sering dibutuhkan. Sebenarnya kebutuhan warna tergantung dari jenis kreasi kerajinan apa yang ingin dibuat.

Sudah mulai ada sedikit bayangan kan? Baiklah, untuk selanjutnya belilah warna flanel yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran anda. Pastikan dulu kreasi apa yang ingin dibuat, apa saja warnanya dan kira-kira seberapa panjang kain yang dibutuhkan. Dengan perhitungan sederhana ini anda akan membeli kain yang diperlukan saja.

Gimana Cara Menghitung Kebutuhan Kain Flanel?

Misalnya, jika akan membuat 1 lusin gantungan kunci keropi maka anda membutuhkan kain flanel warna hijau, putih dan hitam. Tapi kalau akan membuat kaos flanel spongebob, maka diperlukan kain flanel kuning, putih dan hitam. Jika sudah sering membeli kain flanel, anda pasti tahu warna apa saja yang paling sering digunakan. Jadi kebutuhan warna flanel tergantung desain warna produk yang ingin dibuat.

Nah, sudah ada bayangan kan? Kira-kira warna kain flanel apa saja yang akan anda beli? Tapi jika budget anda cukup banyak, ya sudah.. beli aja 1 meter semuanya, Beres hehehe.. :-P BTW, sekarang mau bikin kreasi kerajinan flanel apa Sist’ ?

harga kain flanel 1 meter, jual kain flanel motif, Warna kain flanel, gambar bros dari kain flanel, jual kerajinan flanel, toko jual kain flanel, dimana beli kain flanel, toko yang menjual kain flanel, jual flanel motif, warna warna kain flanel, macam2 model dompet flanel, kerajinan boneka kain flanel warna merah dan biru, kepala boneka flanel warna coklat, kain warnza, kerajinan dari kain flanel berwarna putih, kain flanel itu untuk apa saja, kain flanel itu seperti apa, kain flanel hitam cocoknya warna apa, Kain flanel biru, kain flanel berwarna, kain flanel banyuwangi, jual kain flanel motif spongbob, kain hijau sesuai d gabung kn dgn warna, kerajinan dari kain planel yang berwarna pink merah biru putih, kombinasi warna kain flanel, Kreasi dompet hp kain flanel berwarna kuning dan hitam, warna kaun flanel, wadah hp kreasi kain flanel gambar kerropi, tepak lucu kain vanel warnah merah dan unggu, tempat membeli kain flanel di bambu kuning, warna2 kain flanel, Perpaduan yang pas dengan kain flanel warna ungu, paduan warna kain fanel yang serasi untuk membuat dompet, motif kain bunga kecil cocoknya untuk buat apa, membuat krim dari kain flanel, membuat kerajinan dari kain flanel warna hitam putih, macam2 wrn orange pd kain, macam-macam kain flnel, macam-macam kain flanel, macam macam kain flanel, kreasi flanel warna kuning dan hitam, kreasi flanel warna biru, warna yg cocok untuk kain ijo, jual kain flanel area pontianak, cara membuat sarung hp dengan kain flanel hitam putih, cara membuat pelangi dari flanel, cara membuat kreasi dari kain panel warna nya pink dan ungu, cara membuat karya dari kain flanel, Cara membuat gantungan tepak panel, cara membuat gantungan kunci dari kain flanel warna hitam dan merah

Yuk baca artikel Kerajinan Kain Flanel lainnya:

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
  1. linda ayu veranika says:

    ajarin cara membuat kreasi bros dari kain flanel yang model baru doonk,,,,tapi yang gampangan aja…kan masih tahap belajar

  2. aisyah tsabita says:

    baru mau mulai belajar nih..
    kira-kira kalo mau bikin gantungan kunci atau strap handphone, masang gantungannya itu gimana ya??

  3. arlinda says:

    wah menarikk.q mw usaha souvenir tp bingung,coz ditempatq (sultra) gk da grosir kain flanel murah

  4. meri diana says:

    assaalamualaikum,, saya juga sangat tertarik dengan kerajinan kain fanel.. ada model baru gak, di post don. biar buat belajar????

  5. daisy nur says:

    aku udah buat sarung handphone utk pesta pernikahanku nnti…tpi masih susah cari toko kain online nya mbak….

Silahkan Komentar

Tentang Penulis

Penulis Buku Bisnis Kerajinan Flanel Sejak 2008, Damarati & Suryagiri mengelola bisnis rumahan membuat aneka kreasi kerajinan dari kain flanel di kampung seniman Ubud-Bali
Blog ini dibuat sebagai ajang curhat, berbagi cerita, pengalaman, tips, ide dan inspirasi tentang kerajinan flanel.
Semoga bermanfaat bagi komunitas pecinta kerajinan flanel di Indonesia.

Mau Beli Kado Unik?

Ada Mug, Pin, Lukisan & Grosir Flanel. Langsung aja klik gambar dibawah ini :
Bantal Flanel Kalung Flanel Gantungan Kunci Flanel lucu terbaru Bross Hiasan Flanel
Bros Flanel Boneka Flanel Souvenir Flanel Aksesoris Flanel
Gantungan Flanel Bando Flanel
error: Content is protected !!